Masyarakat Dapat Gunakan Aplikasi Ini Buat Laporan Polisi Terkait Bhabinkamtibmas

Oleh Yopi Makdori pada 05 Mei 2021, 21:04 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 21:04 WIB
Bhabinkamtibmas di Kebumen, Jawa Tengah mengenakan akesesoris mirip 'Pak Bhabin' yang viral dari Purworejo. (Foto: Liputan6.com/Humas Polres Kebumen)
Perbesar
Bhabinkamtibmas di Kebumen, Jawa Tengah mengenakan akesesoris mirip 'Pak Bhabin' yang viral dari Purworejo. (Foto: Liputan6.com/Humas Polres Kebumen)

Liputan6.com, Jakarta - Polri meluncurkan Binmas Online System Versi 2, Rabu (5/5/2021). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerangkan, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat laporan yang berkenaan dengan kegiatan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas.

"Jadi BOS ini adalah merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan dan digunakan baik internal dan eksternal. Internal adalah bagaimana aplikasi ini digunakan untuk membuatkan laporan terkait dengan kegiatan Bhabinkamtibmas yang ada di sektor polisi terdepan di tingkat desa," ujar Listyo di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Sehingga dengan demikian, lanjut dia, seluruh informasi yang ada bisa segera terlapor ke pusat dan kemudian disatukan dalam satu sistem big data. Dari data tersebut kemudian bisa dilakukan prediksi-prediksi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan sehingga kepolisian bisa memperkirakan terkait masalah atau gangguan kamtibmas yang terjadi.

"Tentunya kita harapkan semakin mendukung upaya melaksanakan program pemolisian yang prediktif. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi bagi masyarakat yang memerlukan info atau pelayanan-pelayanan yang masyarakat bisa melaporkan di aplikasi tersebut," tuturnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Aplikasi yang Terintegrasi

Menurut dia kedepannya, BOS ini akan diintegrasikan dengan kementerian dan lembaga atau institusi lain. Sehingga akan menjadi sistem aplikasi informasi yang terintegrasi.

"Tentunya ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan tanpa perlu repot-repot hadir ke kantor polisi walaupun kami perintahkan ke seluruh anggota tetap turun ke masyarakat untuk terus beri pelayanan terbaik," ujarnya.

Listyo mengungkapkan BOS ini adalah sistem aplikasi yang disiapkan guna memperbaiki pelayanan kepolisian agar bisa semakin optimal dan baik.

"Dan harapan kita dengan pelayanan baik maka masyarakat dan Polri makin dekat dan harapan kita Polri akan dicintai masyarakat," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓