Sukses

Ada Varian Baru Covid-19, Wagub DKI Minta Anak-Anak hingga Lansia Tetap di Rumah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta para orangtua lanjut usia atau lansia dan anak-anak tetap melakukan aktivitas di dalam rumah.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta para orangtua lanjut usia atau lansia dan anak-anak tetap melakukan aktivitas di dalam rumah.

Dia mengatakan, hal tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Sebab saat ini varian baru dari luar negeri yang memiliki kecepatan penyebaran virus lebih cepat sudah ditemukan di Indonesia.

"Untuk itu kami minta masyarakat terlebih anak dibawah 9 tahun dan orang tua diatas 60 tahun kita minta tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Dan sekali lagi tempat terbaik bagi kita semua warga Jakarta tetap di rumah," kata Riza di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021).

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat dapat melakukan silahturahmi saat Lebaran secara daring atau online. "Pelaksanaan hari raya dapat dilakukan secara online melalui video call, medsos dan segala macam," papar dia.

Sementara itu, Riza mengimbau agar masyarakat Ibu Kota tidak melakukan tradisi ziarah saat Lebaran Idul Fitri.

Menurut dia, kegiatan tersebut dapat dilakukan pada hari-hari lainnya.

"Ziarah kubur tidak mesti dilakukan pada hari raya. Bisa dilakukan pada hari-hari lain," ujar Riza.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Kerumunan

Kata Riza, hal tersebut guna mengurangi kerumunan dan adanya peningkatan jumlah orang di kawasan pemakaman. Selain itu dia juga menyatakan sejumlah petugas akan dihadirkan untuk menjaga keamanan di pemakaman.

"Untuk mengatur agar tidak terjadi kerumunan dan interaksi di pemakaman. Jadi kami minta masyarakat kegiatan ziarah kubur agar diatur waktunya," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.