Survei Indikator soal Capres: Ganjar Pranowo Tertinggi Disusul Anies Baswedan

Oleh Delvira Hutabarat pada 04 Mei 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 15:16 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat melakukan pengecekan pelaksanaan vaksinasi anggota TNI di RST Wira Tamtama Semarang. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)
Perbesar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat melakukan pengecekan pelaksanaan vaksinasi anggota TNI di RST Wira Tamtama Semarang. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei tentang siapa sosok calon presiden (capres) pilihan masyarakat saat ini. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan tertinggi, disusul Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil.

"Adalah empat nama teratas dan relatif berimbang sebagai capres pilihan saat ini. Nama-nama lain yang cukup didukung, namun lebih sedikit antara lain Sandiaga Uno dan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono," kata Burhanuddin dalam rilis daring, Selasa (4/5/202).

Ganjar Pranowo mendapat 15,7 persen, Anies 14,6 persen, Prabowo 11,1 persen dan Ridwan Kamil 10,0 persen. "Antara Ganjar dan Anies beda tidak signifikan," ucap dia.

Selain itu, Burhanuddin menyebut meski Ganjar Pranowo berada di posisi pertama pilihan responden, suara dukungan tidak naik dibandingkan survei sebelumnya.

"Mas Ganjar meskipun sering peringkat pertama, tapi suara tidak naik dibanding survei sebelumnya, Anies juga demikian suaranya stabil," ungkap Burhanuddin.

Untuk Pilpres 2024, menurut Burhanuddin, peluang calon lain masih besar sebab suara dukungan ke calon tertinggi belum dominan.

"Poin saya ini masih sangat terbuka untuk 5 tahun ke depan, karena peringkat lima besar tidak dominan. Artinya silakan berkerja sebaik mungkin," ucap dia.

2 dari 3 halaman

Partai Politik Pilihan

Sementara itu terkait pilihan partai politik, PDIP dan Gerindra masih teratas, masing-masing memperoleh 25.3 persen dan 13.1 persen. Kemudian Golkar 9.2 persen, Demokrat 8 persen, PKB 7.2 persen, PKS 7.2 persen, PPP 2.4 persen, dan Nasdem 2.3 persen.

Survei dilakukan pada April 2021 ribu menggunakan kontak telepon kepada responden dengan sampel 1.200 responden, dipilih secara acak.

Sementara margin sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓