Sukses

Soal Isu Ada Pegawai KPK Tak Lolos Tes ASN, Ini Kata Saut Situmorang

Mantan Pimpinan KPK Saut Situmorang menilai, tes wawasan kebangsaan (TWK) terhadap pegawai KPK harus dibuktikan dengan parameter yang jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Pimpinan KPK Saut Situmorang menilai, tes wawasan kebangsaan (TWK) terhadap pegawai KPK harus dibuktikan dengan parameter yang jelas. Sebab menurut dia, dengan hal tersebut maka kredibilitas anggota tidak diragukan kesetiaannya untuk NKRI.

"Orang-orang berintegritas adalah orang yang pasti tidak diragukan creating value-nya di KPK dan negeri ini, jangan cari justifikasi lain untuk melakukan saringan terhadap orang-orang yang memang sudah perform dan tough guy dalam penegakan hukum anti korupsi," tegas Saut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021).

Menurut Saut, jika seoang anggota KPK tidak lulus TWK maka pembuktian secara rinci harus disampaikan kepada publik. Tujuannya, agar tidak ada spekulatif yang menjadikan citra KPK menjadi buruk.

"Tidak lulus tes masuk ASN juga analoginya sama harus ada tabulasi, tiap orang mengapa seseorang tidak lulus di lembaga yang dia sudah bekerja tahunan di KPK, KPI (key performance index) dia sudah terbukti," jelas Saut.

Karenanya, Saut mengharapkan, tujuan dari hasil TWK dapat benar menyeleksi dan memilih aparat penegak hukum yang nampu membangun nilai-nilai kinerja, dedikasi, kompetensi dan integritas.

"Jadi pasti itu yang utama, sebagaimana logo KPK dengan Garuda di dalamnya itu sudah tuntas dengan hasil test Integritas," Saut menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Diumumkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan pegawainya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes tersebut merupakan syarat alih status pegawai ke Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Benar KPK telah menerima hasil assesment wawasan kebangsaan yang diserahkan pihak BKN RI 27 April 2021," ujar Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (3/5/2021).

Ali berjanji, KPK segera mengumumkan hasil tes pegawainya tersebut kepada publik.

"KPK memastikan akan menyampaikan hasilnya kepada publik dalam waktu dekat dan akan kami informasikan lebih lanjut," jelas dia.

Kendati, ia enggan berspekulasi mengenai rumor yang beredar bahwa ada puluhan nama pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Dia menyatakan bahwa belum ada rilis resmi.

"Informasi yang kami terima data dimaksud belum diumumkan," kata Ali menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.