Nadiem: Pengembangan Karakter Jadi Fokus Transformasi Pendidikan

Oleh Yopi Makdori pada 04 Mei 2021, 11:03 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 11:03 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim.
Perbesar
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyebut bahwa pihaknya menitikberatkan pengembangan karakter guna mentransformasi pendidikan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam acara Festival Pendidikan Astra 2021, Selasa (4/5/2021).

"Kami menjadikan pengembangan karakter sebagai fokus transformasi pendidikan dengan target menjadikan peserta didik Indonesia tumbuh menjadi pembelajaran sepanjang hayat. Dengan karakter Profil Pelajar Pancasila," ujar Nadiem.

Nadiem menyebut transformasi juga dilakukan melalui Program Merdeka Belajar. Program ini, kata Nadiem untuk menjawab pendidikan di Tanah Air agar lebih adaptif.

"Melalui program-program Merdeka Belajar kami membuka ruang dan kesempatan bagi generasi muda Indonesia. Karena calon pemimpin masa depan bangsa untuk belajar, berkreasi, berkolaborasi, dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan minat mereka," papar Nadiem. 

2 dari 3 halaman

Peta Jalan Pendidikan Nasional

Profil Pelajar Pancasila tertuang juga dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035 didesain untuk membentuk karakter pelajar yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Pada saat ini, Peta Jalan Pendidikan dirancang untuk menciptakan pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia," tegas Nadiem dalam akun Instagram pribadinya, Kamis (11/3/2021).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓