Sukses

Nadiem: Pengembangan Karakter Jadi Fokus Transformasi Pendidikan

Nadiem menyebut transformasi juga dilakukan melalui Program Merdeka Belajar. Program ini, kata Nadiem untuk menjawab pendidikan di Tanah Air agar lebih adaptif.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyebut bahwa pihaknya menitikberatkan pengembangan karakter guna mentransformasi pendidikan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam acara Festival Pendidikan Astra 2021, Selasa (4/5/2021).

"Kami menjadikan pengembangan karakter sebagai fokus transformasi pendidikan dengan target menjadikan peserta didik Indonesia tumbuh menjadi pembelajaran sepanjang hayat. Dengan karakter Profil Pelajar Pancasila," ujar Nadiem.

Nadiem menyebut transformasi juga dilakukan melalui Program Merdeka Belajar. Program ini, kata Nadiem untuk menjawab pendidikan di Tanah Air agar lebih adaptif.

"Melalui program-program Merdeka Belajar kami membuka ruang dan kesempatan bagi generasi muda Indonesia. Karena calon pemimpin masa depan bangsa untuk belajar, berkreasi, berkolaborasi, dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan minat mereka," papar Nadiem. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peta Jalan Pendidikan Nasional

Profil Pelajar Pancasila tertuang juga dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035 didesain untuk membentuk karakter pelajar yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Pada saat ini, Peta Jalan Pendidikan dirancang untuk menciptakan pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia," tegas Nadiem dalam akun Instagram pribadinya, Kamis (11/3/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.