Sukses

KKB Papua Bakar Gedung Sekolah dan Puskesmas serta Rusak 3 Jalan di Puncak

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merusak dan membakar sejumlah fasilitas umum di Puncak, Papua. Peristiwa ini terjadi pada Minggu 2 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merusak dan membakar sejumlah fasilitas umum di Puncak, Papua. Fasilitas umum yang dirusak dan dibakar adalah gedung sekolah, puskesmas dan jalan raya.

Peristiwa ini terjadi pada Minggu 2 Mei 2021.

"Pukul 11.30 WIT, datang melapor Kepala Distrik Ilaga Utara, Bapak Joni Elatotagam, terjadi pembakaran yang berawal pada Minggu, 2 Mei 2021, sekitar pukul 22.30 WIT," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangan tertulisnya soal ulah KKB, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Menurut dia, Joni mengaku melihat asap hitam tebal saat berada di Kampung Uloni Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada pukul 23.00 WIT. Dia menduga kumpulan asap itu yang berasal dari Kampung Mayuber.

"Sehari setelah kejadian tersebut, tiba di Kampung Kimak untuk melapor kepada kepolisian. Kemudian Bapak Joni Elatotagam kembali mendapat telepon dari saksi kedua bahwa Gedung SD Mayuberi telah dibakar juga oleh Kelompok KKB," tutur Kamal.

Oleh karena itu, pada Senin 3 Mei 2021, Joni mendatangi Polres Puncak untuk melaporkan.

Dia mengatakan, ada tiga jalan yang dirusak teroris KKB itu, yakni Jalan Kimak, Jalan Tagaloa dan Jalan Wuloni Pintu Angin.

"Selain itu informasi yang didapati bawha jalan tersebut digali dengan kedalaman 25-40 cm. Perusakan tersebut menurut Bapak Joni Elatotagam kemungkinan bertepatan dengan waktu pembakaran puskesmas dan SD Nayuberi. Selain itu, ada banyak sekali simpatisan KKB yang membantu pembakaran gedung dan perusakan fasilitas jalan yang dibagi dalam beberapa kelompok," ujar Kamal.

Dia menuturkan, saat kelompok pertama dari KKB itu membakar puskesmas dan SD Mayuberi, kelompok lain bertugas merusak Jalan Mayuberi, Jalan Kimak, dan Jalan Wuloni.

"Kelompok yang bersenjata pun berada di pinggir jalan mengamankan simpatisan yang bekerja merusak fasilitas umum tersebut," sambung Kamal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejar KKB

Kapen Kogabwilhan III Kol CZI IGN Suristiawa menegaskan, aparat keamanan yang bertugas di lokasi kejadian tersebut akan mengejar dan menangkap para pelaku.

"Perbuatan ini jelas menunjukkan bahwa pemerintah tidak salah mengelompokkan OPM (KKB) menjadi organisasi teroris. Dan aparat keamanan disana akan mengejar dan menangkap pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, baik kepada masyarakat Papua maupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan," tegas Suriastawa.

Berikut fasilitas bangunan yang dibakar:

- Gedung SD Mayubwri (5 Ruang Kelas)

- Rumah Dinas Guru

- Gedung Rumah Puskesmas Lama (yang digunakan masyarakat sebagai kios sementara)

Berikut fasilitas jalan yang dirusak:

- Jembatan Kimak

- Jalan Tagaloa

- Jalan Wuloni pintu angin

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.