Top 3 News: Respons Wali Kota Bekasi soal Jemaah Pakai Masker Diusir dari Masjid

Oleh Bam SinulinggaNanda Perdana PutraDevira Prastiwi pada 04 Mei 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Masker
Perbesar
Ilustrasi masker. (dok. Pixabay.com/viarami)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait insiden pengusiran jemaah yang memakai masker di Masjid Al Amanah, Jalan Kampung Tanah Apit, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat. Insiden itu viral di media sosial dan menjadi perbincangan publik.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen pun merespons peristiwa yang terjadi di wilayahnya itu. Dia menyatakan, penerapan protokol kesehatan (prokes) demi pengendalian Covid-19 di Kota Bekasi menjadi salah satu prioritas yang gencar dilakukan Pemkot sejak awal pandemi.

Pepen menegaskan, penerapan prokes Covid-19 tersebut juga berlaku di seluruh tempat ibadah, tanpa terkecuali.

Berita yang tak kalah menarik lainnya adalah penangkapan seorang wanita yang mengirimkan order offline sate beracun lewat ojek online (ojol) di Bantul, Yogyakarta.

Karena ditolak si penerima, sate tersebut akhirnya dimakan oleh anak pengemudi ojol hingga menyebabkan bocah malang tersebut meninggal dunia.

Menurut Dirreskrimum Polda DIY Kombes Burkan Rudy Satria, pelaku berinisial NA (25) berhasil ditangkap setelah polisi menemukan lokasi pembelian sate tersebut.

Berita terpopuler lainnya terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang disesaki pengunjung jelang Lebaran.

Anies menyebut pada Minggu 2 Mei 2021, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang lebih banyak dari sehari sebelumnya di Sabtu 1 Mei sebanyak 87 ribu, yakni mencapai 100 ribu orang.

Dan demi mencegah kerumunan, Anies menegaskan akan ada perubahan waktu operasional Pasar Tanah Abang. Perubahan tersebut yakni untuk waktu tutup pasar yang dilakukan tidak bersamaan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 3 Mei 2021:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Insiden Jemaah Pakai Masker Diusir dari Masjid, Ini Respons Wali Kota Bekasi

20170125-Pemprov Hibahkan 20 Ribu Lampu Jalan Bekas ke Pemkot Bekasi-Jakarta
Perbesar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat penyerahan hibah lampu penerangan jalan (armature) di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (25/1). Pemprov DKI menghibahkan 20 ribu armature lampu penerangan jalan umum bekas kepada Pemkot Bekasi. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen menyayangkan insiden pengusiran jemaah yang memakai masker di Masjid Al Amanah, Jalan Kampung Tanah Apit, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang viral di media sosial.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan (prokes) demi pengendalian Covid-19 di Kota Bekasi, menjadi salah satu prioritas yang gencar dilakukan pemerintah daerah sejak awal pandemi. Penerapan prokes ini juga berlaku di tempat-tempat ibadah.

"Sejak Maret 2020 itu Pemkot Bekasi sudah punya standar tentang pengendalian Covid-19, baik di kegiatan-kegiatan umum maupun sarana dan prasarana tempat ibadah," kata Pepen saat dikonfirmasi, Senin, 3 Mei 2021.

Dalam hal ini Pepen menegaskan, bahwa pengendalian Covid-19 sejatinya menjadi tanggung jawab bersama, untuk mempercepat penuntasan pandemi Covid-19 khususnya di Kota Bekasi.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

Wanita Pemberi Sate Beracun Tewaskan Anak Sopir Ojol Ditangkap, Ini Motifnya

Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Polisi menangkap seorang wanita yang mengirimkan order offline sate beracun lewat ojek online (ojol) di Bantul, Yogyakarta. Lantaran ditolak si penerima, sate tersebut akhirnya dimakan oleh anak si sopir ojol dan menyebabkan bocah tersebut meninggal dunia.

Dirreskrimum Polda DIY Kombes Burkan Rudy Satria menyampaikan, pelaku berinisial NA (25) berhasil ditangkap usai temuan lokasi pembelian sate tersebut.

"Kita lakukan penyelidikan selama 4 hari, kemudian kita bisa mengerucut ke salah satu calon tersangka inisal A," tutur Burkan di Polres Bantul, Yogyakarta, Senin, 3 Mei 2021.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

7 Pernyataan Anies soal Sesaknya Pasar Tanah Abang Jelang Lebaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau sejumlah titik di Pasar Tanah Abang yang menimmbulkan kerumunan saat akhir pekan. (@aniesbaswedan)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau sejumlah titik di Pasar Tanah Abang yang menimmbulkan kerumunan saat akhir pekan. (@aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal sesaknya Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang disesaki pengunjung pada Minggu, 2 Mei 2021 jelang Lebaran.

Anies bahkan mengakui, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang meningkat. Jumlah pengunjung pada Minggu, 2 Mei 2021 lebih banyak dari sehari sebelumnya di Sabtu, 1 Mei sebanyak 87 ribu, yakni mencapai 100 ribu orang.

"Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu jadi 87 ribu. Dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, 2 Mei 2021.

Demi mencegah kerumunan, Anies menegaskan akan ada perubahan waktu operasional Pasar Tanah Abang. Perubahan tersebut yakni untuk waktu tutup pasar yang dilakukan tidak bersamaan.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓