Sukses

Gempa 5,7 SR Guncang di Mentawai Dini Hari Tadi, Warga Mengungsi ke Gereja

Gempa magnitudo 5,7 mengguncang Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pukul 00.46 WIB, Senin (3/5/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 5,7 mengguncang Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pukul 00.46 WIB, Senin (3/5/2021).

Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Amir melaporkan, warga masih dalam kondisi siaga hingga pagi ini.

"Mereka memilih mengungsi ke Gereja Piniel, menyusul adanya gempabumi dengan magnitudo 5.7 SR di wilayah tersebut," kata Amir dalam keterangan tertulisnya soal gempa Mentawai, Senin.

Saat ini, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai masih memantau dampak lindu ini. Amir juga mengatakan BPBD Mentawai terus berkoordinasi dengan perangkat desa serta instansi terkait lainnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada, meskipun gempaini tidak berpotensi tsunami.

"Kami telah meninjau beberapa lokasi dan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada,” kata Amir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Laporan Korban Jiwa

BPBD telah menyiapkan alat penerangan, guna mengantisipasi adanya gangguan atau pemadaman listrik. Belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan informasi kejadian gempabumi dengan episentrum di dasar laut dengan kedalaman 29 kilometer, pada posisi 2.34 LS dan 99.66 BT atau 35 kilometer tenggara Tuapejat, Sipora Utara dan 37 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai.

 

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.