Sukses

Hari Buruh, Wagub DKI dan Menaker Ajak Pekerja Bangkit Lewat Vaksin Covid-19

Kegiatan vaksinansi ini diikuti sekitar 200 pekerja atau buruh. Wagub Riza mengatakan, pandemi Covid-19 yang belum juga usai menuntut pemerintah memberikan perlindungan kesehatan kepada warganya.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menghadiri kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok pekerja dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2021. 

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Kantor PPKD Jakarta Timur, Kantor DPP APINDO DKI Jakarta, Menteng tersebut mendapat apresiasi dari Wagub Riza. 

"Terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada KADIN DKI Jakarta atas terlaksananya peringatan Hari Buruh dengan kegiatan yang bernilai positif dan mulia dalam bentuk pemberian sanitary kit kepada pekerja atau buruh terdampak Covid-19," ujar Ariza dalam sambutannya di Kantor PPKD Jakarta Timur, Sabtu (1/5/2021).

Kegiatan vaksinansi ini diikuti sekitar 200 pekerja atau buruh. Ariza mengatakan, pandemi Covid-19 yang belum juga usai menuntut pemerintah memberikan perlindungan kesehatan kepada setiap warganya.

"Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan kota Jakarta selama 1 tahun terakhir ini, ditambah peningkatan kasus pada klaster perkantoran, menuntut kita untuk lebih melindungi pekerja atau buruh, terutama di sektor pelayanan publik. Sesuai arahan dari Ibu Menteri Ketenagakerjaan, tema May Day Tahun 2021 adalah 'May Day: Recover Together'," kata Wagub Riza Patria.

Dia juga menambahkan, bahwa Hari Buruh merupakan momentum dan waktu yang tepat untuk bersinergi dan bersama-sama memulai kembali, berinovasi kembali untuk membangun Indonesia lebih baik.

"Salah satunya, merayakan Hari Buruh dengan berbagai kegiatan positif," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

May Day Kedua Selama Pandemi Covid-19

Ariza melanjutkan, pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19. Tujuannya untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena virus tersebut.

"Karena itu, saya berharap, vaksinasi bagi pekerja dalam rangka peringatan Hari Buruh ini berlangsung tertib dan sukses, serta memulihkan kondisi ekonomi nasional dan mengembalikan produktivitas kerja yang aman dan sehat untuk semua," kata dia.

Sementara itu, Menaker Ida Fauziyah menyatakan, 1 Mei 2021 adalah May Day kedua selama pandemi Covid-19. Semua pihak dalam situasi sulit. Bukan hanya tenaga kerja, tetapi juga pengusaha dan pemerintah.

"Februari 2020 pengangguran menurun jadi 6,9 juta dari 7 jutaan. Karena pandemi, kemudian naik jadi menjadi 9,7 juta. Itu sangat terasa. Apalagi data BPS yang terdampak 29,2 juta pekerja terdampak. Saya kira semua kita dalam kondisi 'sakit'," kata Ida.

"Kita mengalami bagaimana jatuhnya dunia usaha. Tidak ada pilihan kecuali tetap bersemangat menuju masa depan. Ekonomi kuartal 1 masih negatif tapi sudah lebih baik dari kuartal 4 tahun 2020. Tidak ada pilihan lain, kita bangkit dan pulih bersama. Dialog sosial menjadi sangat penting," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.