Sukses

Kasus WN India Lolos dari Karantina, Polisi Tangkap 3 Joki Karantina Bandara Soetta

Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) kembali menangkap joki karantina Covid-19 terkait lolosnya warga negara atau WN India agar tidak menjalani karantina 14 hari.

Liputan6.com, Tangerang - Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) kembali menangkap joki karantina Covid-19 terkait lolosnya warga negara atau WN India agar tidak menjalani karantina 14 hari. Kali ini, ada tiga joki karantina Covid-19 yang ditangkap Jumat (30/4/2021).

Ketiganya diduga menyediakan jasa untuk meloloskan WN India agar tidak menjalani karantina sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Alexander Yuriko mengatakan, mereka merupakan joki dari WN India berinisial SM yang merupakan seorang wanita.

"Dua WN India yang sebelumnya masih dicari sekarang sudah kita temukan, bersama tiga orang joki yang meloloskan mereka," ujar Alex.

Ketiga joki yang diamankan tersebut merupakan protokoler Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut setelah dilakukan pemeriksaan terhadap ketiga pelaku.

"Dari pemeriksaan pas Bandara Soekarno-Hatta, mereka protokoler Bandara Soekarno-Hatta, inisialnya A, S, dan H," ujar Alex.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembali dengan Sukarela

Lalu, satu dari dua WN India tersebut kembali ke hotel tempat isolasi dengan sendirinya. "Diduga karena melihat WN India yang lain sudah diamankan kepolisian, dia kembali dengan kesadaran sendiri ke Hotel Holiday Inn," jelas Alex.

Adapun ancaman bagi pihak yang menggunakan jasa mafia karantina ini diatur dalam Pasal 93 Jo Pasal 9 ayat 1 UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan dan atau Pasal 14 Ayat 1 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dengan ancaman satu tahun penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.