Polda Metro Jaya Masih Kejar Penghasut Jakmania Berkumpul di Bundaran HI

Oleh Ady Anugrahadi pada 30 Apr 2021, 08:14 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 08:14 WIB
Suporter Persija yang Diamankan Polda Metro Jaya
Perbesar
Polda Metro Jaya mencoba membubarkan sejumlah suporter Persija. (Foto: Ady Anugrahadi/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya terus mengejar pelaku yang diduga menghasut sehingga membuat suporter Persija, Jakmania berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan, lima orang telah dimintai keterangan sebagai saksi guna mencari aktor dibalik berkumpulnya suporter Jakmania.

"Jadi sudah lima orang saksi arahnya nanti apakah ada aktor utama yang mengajak atau memerintah supporter," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (30/4/2021).

Yusri tak menyebutkan secara gamblang latar belakang lima orang yang telah dilakukan pemeriksaan di Unit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dia hanya menyebut, diantaranya ada yang berkerja sebagai admin di media sosial.

"Empat orang ini dari akun-akun itu. Kita masih menunggu hasilnya," jelas Yusri.

 

2 dari 3 halaman

Oknumnya Jakmania

Presiden Persija Jakarta Mohammad Prapanca menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Rabu (28/4/2021). Dia dimintai keterangan berkaitan kerumunan Jakmania di Bundaran Hi.

"Pemeriksaan terkait kerumunan kemarin gitu ya jadi kami jelaskan apa yang bisa kami jelaskan," kata Prapanca di Polda Metro Jaya, Rabu (28/4/2021).

Dia menerangkan, yang digali oleh penyidik antara lain keterkaitan antara Jakmania dengan Persija. Pranpanca pun menyebut kerumunan yang dilakukan di Bundaran HI adalah ulah oknum dari The Jakmania.

Pasalnya. lanjutnya, pengurus Jakmania maupun Persija telah mengimbau suporter mematuhi aturan Kemenpora dengan tidak menciptakan kerumunan.

"Ya menurut keterangan suporter itu oknumnya the Jakmania. Tentunya itu kan sudah jauh-jauh hari sudah kasih tahu tidak perlu ada sebenarnya (perayaan)," ungkap Prapanca.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓