Sukses

Jelang Sekolah Tatap Muka, Sosialisasi CTPS Diintensifkan ke Sekolah dan Madrasah

Dini Widiastuti mengatakan, sosisalisasi pemicuan CTPS sangat penting untuk persiapan sekolah tatap muka.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang persiapan pembukaan sekolah tatap muka dan menyongsong Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei mendatang, pemerintah semakin intensif melakukan sosialisasi pemicuan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Pemicuan CTPS ini untuk perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat, terutama di masa pandemik Covid-19.

Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, Dini Widiastuti mengatakan, sosisalisasi pemicuan CTPS sangat penting untuk persiapan sekolah tatap muka.

"Perlu persiapan dan sosialiasi agar anak-anak paham mencuci tangan yang baik dan benar, guru-guru, Ibu dan Bapak juga di rumah. Plan Indonesia senang bisa berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemeterian Agama, dan Kementerian Kesehatan untuk terus mensosialisasikan CTPS dan buku panduan ini," kata Dini dalam webinar "Sosialisasi Panduan Pemicuan CTPS di Sekolah dan Madrasah", Kamis (29/4/2021).

Menurut Dini, dalam kaitan sosialisasi tahun pemicuan CTPS, menjadi tantangan atau pekerjaan rumah (PR) bagaimana panduan pemicuan CTPS disebarluaskan. Sehingga saat sekolah dibuka kembali, sekolah sudah memmiliki akses dan panduan pemicuan CTPS.

Direktur Kesehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Vensya Sitohang mengatakan, dari sisi kesehatan ada alasan mengapa CTPS dilakukan.

"Kalau cuci tangan pakai air saja hanya dapat membunuh kuman 10 persen. CTPS kuman yang mati 80 persen. Semakin banyak kuman mati maka risiko kuman atau bakteri bahaya masuk tubuh semakin kecil. Kita terhindar dari kuman penyakit," kata Vensya.

Ia menambahkan, CTPS merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan sisa kotoran minyak atau lemak yang tertinggal di tangan. Dengan demikian tangan terlindung dari bakteri maupun kuman penyakit. Sementara untuk hand sanitizer, dapat digunakan sebagai alternatif membersihkan tangan dengan syarat harus mengandung alkohol kadar minimal 60 persen.

Berdasarkan data WHO, pola hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas pakai sabun dapat mengurangi kematian anak usia di bawah 5 tahun di bawah 50 persen.

"Untuk kesiapan anak didik sekolah tatap muka, kami gerilya untuk menyuarakan CTPS. Sosialisasi dilakukan dalam setiap acara dan waktu. Termasuk menyisipkan dalam sambutan Menteri Pendidikan saat membuka sekolah, suara CTPS dari Menteri Kesehatan dalam isu yang perlu diperhatikan dalam sekolah tatap muka," ujar Vensya.

Ia mengatakan, kebijakan sekolah tatap muka berdasarkan Surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri, yaitu Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, dan Kemendagri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemik Covid-19. SKB tersebut sudah mengatur bagaimana memonitor dan siapa yang bertanggung jawab.

"Sehingga tatap muka tidak menjadi klaster baru atau penularan penyakit. Itu yang diharapkan, apa yang dilakukan menjadi kerja sama semua," tuturnya.

Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sri Wahyuningsih menambahkan, kebijakan tatap muka dilakukan setelah pendidikan dan tenaga kependidikan divaksinasi Covid-19 secara lengkap, pemerintah daerah mewajibkan satuan pendidikan untuk menyediakan layanan tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kesiapan belajar satuan pendidikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran," ujar Sri.

Terkait hal itu, kata Sri, yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan sarana air, sanitasi, kebersihan di sekolah, serta memastikan lingkungan sekolah yang aman, bersih dan sehat khususnya dalam pelaksanaan sekolah tatap muka di masa pandemi.

"Dalam kebijakan bersama 4 Menteri mengandung daftar periksa harus dipenuhi sekolah, yaitu hanya diperbolehkan untuk satuan pendidikan yang telah memenuhi daftar periksa," kata dia.

"Esensi pemicuan CTPS, perubahan prilaku. Praktik CPTS poin penting adalah mengubah perilaku, di masa depan kita hidup normal baru," kata Sri menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Madrasah Sudah Menerapkan

Sementara Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Umar mengatakan, penerapan cuci tangan pakai sabun sudah diterapkan di seluruh madrasah.

"CTPS bagi madrasah adalah suatu yang bernilai ibadah. Pelajaran agama awal di madrasah adalah bab tentang bersuci dalam Islam, suci bukan sekadar bersih tapi di atas bersih. Di semua madrasah telah disiapkan jeriken berisi air dan di sampingnya ada sabun," kata Umar.

Sedangkan Water for Women Project Manager, Yayasan Plan International Indonesia, Silvia Anastasia Landa menyebut, panduan pemicuan CTPS melengkapi regulasi dan sarana yang sudah ada.

"Panduan ini fokus ke perubahan perilaku, metode pemicuan meningkatkan permintaan anak di sekolah bahwa CTPS penting sehingga mereka tergerak untuk melakukan CTPS. Diharapkan perubahan perilaku ini menetap dan berkelanjutan," katanya.

Ia menjelaskan, sanitasi total berbasis masyarakat yang berkesetaraan gender dan inklusi sosial (STBM GESI) juga menjadi perhatian Plan Indonesia. Berdasarkan fakta Indonesia yang menurut Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 2014, angka disabilitas pada perempuan lebih tinggi. Sebesar 13 persen untuk perempuan dibandingkan 9 persen untuk laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.