Sukses

Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat, PAN: Seluruh Kader Tetap Solid

PAN mengucapkan ahlan was sahlan kepada Partai Ummat yang resmi dideklarasikan oleh Amien Rais.

Liputan6.com, Jakarta - PAN mengucapkan selamat atas deklarasi Partai Ummat yang digagas Amien Rais. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menyebut adanya partai baru dapat menambah kualitas Demokrasi.

“Selamat datang, ahlan was sahlan, kepada Partai Ummat yang resmi dideklarasikan. PAN merasa senang hati ada Partai politik baru yang didirikan. Harapannya semoga dapat meningkatkan kualitas pelembagaan demokrasi di Indonesia,” kata Viva dalam keterangannya, Kamis (29/4/2021).

Viva berharap Partai Ummat turut memberikan kontribusi positif dalam peta perpolitikan nasional.

“Praktik demokrasi dapat berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi bagi tujuan pembangunan nasional jika keberadaan partai politiknya dapat fungsional sesuai dengan tugas dan kewenangannya,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ideologi Berbeda

Ia menegaskan PAN tidak terusik dengan adanya partai Ummat, sebab Kedua partai memiliki ideologi berbeda.

“Pertama, ideologi politik PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi Nasionalis Relijius, sedangkan Partai Ummat berideologi Islam. Perbedaan ideologi politik partai akan menyebabkan keperbedaan basis sosial di masyarakat. Basis konstituen tentu berbeda,” ucapnya.

Selain itu, ia menegaskan seluruh kader dan pengurus PAN dari pusat sampai daerah tetap solid. Tidak ada anggota legislatif dan eksekutif PAN yang menyatakan keluar dari PAN.

"Karena kader PAN itu rasional dan berakal sehat sehingga mereka secara obyektif dapat menilai dengan benar tentang masa depan politiknya. Jika ada mantan anggota PAN yang terlibat di Partai Umat, jumlahnya hanya sedikit saja, nonsignifikan,” terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.