Sukses

Dishub DKI Jakarta Sebut Ada Peningkatan Arus Lalu Lintas Saat Ramadan

Sebelum Ramadan, masyarakat di DKI Jakarta berangkat kerja rata-rata mulai pukul 05.00-06.00 WIB. Saat Ramadan berubah menjadi pukul 07.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan adanya peningkatan lalu lintas di Ibu Kota saat Ramadan. Menurut dia, hal tersebut imbas dari adanya perubahan waktu keberangkatan dan pulang dari kantor.

"Dibandingkan masa Maret, April ini ada lonjakan kecil 1-2 persen," kata Syafrin saat dihubungi, Rabu (28/4/2021).

Dia mengatakan, sebelum Ramadan masyarakat berangkat kerja rata-rata mulai pukul 05.00-06.00 WIB. Saat Ramadan berubah menjadi pukul 07.00 WIB.

"Tidak terjadi distribusi arus lalu lintas pada pukul 05.00 WIB ke pukul 07.00 WIB. Jadi semuanya numpuk di waktu yang hampir sama karena masuk pukul 08.00 WIB," ucapnya.

Selanjutnya untuk arus lalu lintastidak merata juga terjadi ketika jam pulang kantor pada pukul 15.00 WIB. Sebab sebagian masyarakat memilih untuk pulang sebelum buka puasa.

"Waktu-waktu inilah puncak atau peak hour yang sangat menimbulkan kepadatan, tapi dari sisi jumlah volume lalu lintas peningkatannya seperti itu tadi," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjil Genap Belum Dioperasikan

Selain itu, kata Syafrin, volume kendaraan bermotor di Jakarta sudah mendekati masa sebelum pandemi Covid-19.

"Di sisi lain, angkutan umum kita batasi penumpang hanya 50 persen. Oleh sebab itu, ganjil genap belum dioperasikan, tapi kami terus lakukan pemantauan," jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.