Sukses

Anies Dapat Dukungan Capres, PKS Tetap Utamakan Kader Sendiri di Pilpres 2024

PKS tetap mengutamakan kadernya untuk diusung di Pilpres 2024. PKS terus membuka komunikasi ke elemen masyarakat maupun partai politik.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat dukungan capres 2024 saat berkunjung ke Sragen, Jawa Tengah. PKS menilai, dukungan tersebut merupakan parameter yang baik lantaran kepala daerah yang PKS usung mendapat apresiasi publik.

"Bagus, itu menjadi parameter yang baik juga bagi PKS karena Kepala Daerah yang kami usung mendapat apresiasi publik berdasarkan prestasi dan kiprahnya," katanya Wasekjen DPP PKS Ahmad Fathul Bahri lewat pesan, Rabu (28/7).Fathul menambahkan, semua nama yang berkembang akan diperhatikan PKS. Termasuk nama Anies Baswedan.

"Semua nama yang berkembang tentu akan jadi pertimbangan, walaupun pengajuan nama Capres/Cawapres nanti sangat tergantung dari pertimbangan masing-masing partai politik yang akan mengusungnya," ucapnya.

Meski begitu, PKS tetap mengutamakan kadernya untuk diusung di Pilpres 2024. PKS terus membuka komunikasi ke elemen masyarakat maupun partai politik.

"Namun untuk PKS sendiri, kami berencana untuk mengusung Capres/ Cawapres dari kader PKS. Nama dan mekanismenya masih terus dibahas, paralel dengan berjalannya komunikasi ke berbagai parpol dan berbagai elemen masyarakat lainnya," tandasnya.

Diberitakan, Pengusaha beras asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang sukses di Jakarta, Billy Haryanto, menyampaikan dukungannya kepada Gubernur Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Billy bahkan rela menjadikan rumahnya di Sragen untuk posko pemenangan di wilayah Solo Raya. Saat ini posko di rumahnya telah dipasang sebuah spanduk bertuliskan "Joglo Kemenangan Anies Capres 2024".

"Muda Mudi di Solo Raya siap mendukung Pak Anies. Saya sudah mendirikan posko pemenangan Anies Capres 2024 dan Pak Anies sudah berkunjung ke sini," ujar Billy saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (27/4).

Billy menyebut, mantan Menteri Pendidikan Kabinet Jokowi itu telah mampir ke rumahnya di Sragen, dalam perjalanan ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu lalu. Meski Pilpres masih 3 tahun lagi, namun dia mengaku mantab untuk memberikan dukungan kepada Anies.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jakarta menilai, sosok Anies mirip dengan presiden Joko Widodo alias Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan untuk Jokowi

Saat Pilpres lalu, Billy juga memberikan dukungan kepada mantan Wali Kota Solo itu. Namun karena Jokowi sudah tidak bisa maju lagi, ia memilih Anies sebagai gantinya.

"Dulu saat Pilpres saya ini pendukung Jokowi. Sampai sekarang juga masih. Tahun 2024 mudah-mudahan Pak Anies dapat tiket Capres, pasti saya akan dukung," tandasnya.

Billy menegaskan, jika Anies maju sebagai capres, komunitas pedagang beras Pasar Induk Cipinang yang berasal dari sejumlah daerah akan memberikan dukungan. Dukungan para pedagang itu juga diberikan kepada Jokowi saat Pilpres 2014 dan 2019.

"Saya kira dukungan pedagang beras ini jumlahnya signifikan. Selain banyak dan kompak, pasti para petani juga akan mendukung," katanya.

Billy menilai, sosok Anies layak bertarung di Pilpres 2024. Salah satu prestasi atau keberhasilan Anies yang nampak adalah mengatasi Covid-19 di Ibu Kota.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.