Sukses

Beredar Info Spesifikasi KRI Nanggala 402 Hanya Muat 33 Orang, Ini Penjelasan TNI AL

TNI AL memastikan, kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam bukan karena kelebihan muatan, tapi faktor alam.

Liputan6.com, Jakarta - TNI AL merespons informasi yang beredar tentang spesifikasi kapal selam KRI Nanggala 402 hanya muat untuk 33 orang.

Asrena KSAL, Laksamana Muda TNI Muhammad Ali menjelaskan, angka 33 dalam catatan spesifikasi kapal selam KRI Nanggala 402 bukanlah jumlah maksimal total manifes awak kabin.

Menurut dia, spek atau spesifikasi 33 adalah jumlah tempat tidur yang ada di dalam kapal selam buatan Jerman tersebut.

"Menyatakan 33 itu mungkin jumlah dari tempat tidurnya, memang jumlah tempat tidur itu hanya segitu, hanya 33 atau 34," kata Ali saat jumpa pers di Mabes TNI AL, Jakarta Timur, Selasa (27/4/2021).

Ali mengklarifikasi angka tersebut sebagai sanggahan asumsi bahwa KRI Nanggala 402 tenggelam akibat kelebihan muatan kru.

Dia menjelaskan, 33 tempat tidur itu dipakai secara bergantian oleh tiap awaknya. Para awak kapal selam bekerja dan bertugas secara bergantian atau shifting.

"Bahwa tempat tidur satu itu bisa dipake untuk berapa orang untuk bergantian jaga. Jadi yang jaga kemudian tempat tidurnya digunakan. Kami pengalaman seperti itu dan itu dilakukan oleh beberapa negara seperti itu," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Diperhitungkan

Karenanya, lanjut Ali, angka 33 tidak berkait dengan kapasitas muatan kapal. Ali meyakini semua muatan sudah dihitung dengan rinci oleh komandan kapal dan kepala kamar mesin sehingga tindakan berisiko tidak mungkin dilakukan saat menjalankan operasi.

"Kepala kamar mesin itu pasti menghitung jumlah orang yang akan masuk dikaitkan dengan jumlah muatan yang akan dia bawa saat itu, seperti torpedo berapa yang dia bawa dan munisi lainnya," katanya menandasi.

3 dari 3 halaman

Skenario Pengangkatan Kapal Selam KRI Nanggala 402

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.