Sukses

Begini Awal Mula Terbentuknya ASEAN

Singkat cerita, pada 1960an, kondisi di kawasan Asia Tenggara rawan konflik karena perebutan ideologi dari negara besar.

Liputan6.com, Jakarta ASEAN adalah kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations yang merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi yang menghimpun negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 75 yang dibuat Kemendikbud, materinya tentang Negaraku dan Keragaman ASEAN dijelaskan bahwa ASEAN dibentuk untuk menciptakan kedamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. 

Singkat cerita, pada 1960an, kondisi di kawasan Asia Tenggara rawan konflik karena perebutan ideologi dari negara besar. 

Konflik ini terus terjadi dan jika dibiarkan, tentunya akan mengganggu stabilitas kawasan yang bisa menghambat pembangunan. 

Untuk meredam konflik tersebut, dibentuklah Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967 yang ditandatangani oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. 

Nah salah satu prinsip dasar ASEAN adalah untuk menghormati perbedaan budaya, bahasa dan agama dari masyarakat ASEAN. Juga menekankan nilai-nilai bersama dalam semangat persatuan dalam keanekaragaman. 

Seiring berjalannya waktu, ASEAN terus berkembang hingga negara di Asia Tenggara ikut bergabung, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam. 

Nah untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini