Sukses

Polisi Sebut Keluarga Pengemudi Porsche Penerobos Jalur Bus Transjakarta Kurang Kooperatif

Polisi menemukan pengemudi Porsche Boxster yang melintas di jalur bus Transjakarta, Jalan Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan pada Jumat 23 April 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menemukan pengemudi Porsche Boxster yang melintas di jalur bus Transjakarta, Jalan Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan pada Jumat 23 April 2021.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil pemeriksaan di Ditlantas Polda Metro Jaya, pengemudi yang melintas jalur bus Transjakarta berinisial AS merupakan anak dari pemilik kendaraan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, penyidik menyambangi kediaman pengemudi Porsche Boxster pada Sabtu, 24 April 2021. Sambodo mengatakan, alamat sesuai dengan data registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor Polda Metro Jaya.

Sambodo mengatakan,  penyidik membawa Porsche Boxster ke Subdit Gakkum Polda Metro Jaya. Beberapa orang dimintai keterangan termasuk pemilik mobil. Sambodo menyebut, mereka kurang kooperatif.

"Awalnya tidak mengakui siapa yang bawa mobil. Tapi setelah didalami diketahui yang mengendarai kendaraan tersebut saat kejadian adalah anak pemilik mobil berinisial AS, perempuan," ujar dia di Pancoran Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Sambodo menerangkan, pengemudi yang melintas jalur bus Transjakarta berinisial AS terbukti melanggar Pasal 287 Ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) nomor 22 tahun 2009.

"Yang bersangkutan juga kita perintahkan buat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengemudi Mobil Mewah Porsche yang Terobos Jalur Transjakarta Diamankan

Polisi mengungkap pengemudi mobil mewah Porsche yang melintas di jalur bus Transjakarta, Jalan Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan pada Jumat, 23 April kemarin. 

Data diri pengemudi teridentifikasi berkat Kamera electronic traffic law enforcement atau ETLE. Terlihat, pengemudi mengendarai mobil Porsche berwarna putih dengan pelat nomor B 22 04 MA.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, saat ini pengemudi dan kendaraannya telah diamankan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Diamankan sore ini, kendaraannya di Dit lantas Polda Metro Jaya," singkat Yusri, Sabtu (24/4/2021).

Sebelumnya, aksi pengemudi menerobos jalur Transjakarta sempat viral di media sosial. Salah satu akun media sosial @Jakarta.terkini, mengunggah rekaman berdurasi 50 detik yang memperlihatkan sebuah mobil berwarna putih berhenti di jalur bus Transjakarta.

Di belakangnya nampak satu unit bus TransJakarta. Saat itu, pengemudi memberikan isyarat agar sopir bus Transjakarta memundurkan kendaraan.

"Si mobil putih mau mundur karena terlanjur masuk jalur busway, kemudian menyuruh bus untuk mundur namun dihiraukan sopir bus," tulis akun @Jakarta.terkini seperti dikutip, Jumat (23/4/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.