Sukses

6 Pernyataan Deputi VII BIN soal Gugurnya Kepala BIN Papua

Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto menyampaikan rasa duka yang mendalam akibat meninggalnya Kepala BIN Daerah Papuaa I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto turut angkat bicara terkait gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Tak hanya membenarkan kabar duka tersebut, Wawan juga menyampaikan rasa duka yang mendalam akibat meninggalnya Kepala BIN Daerah Papua I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

"Telah gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa, Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha pada Minggu, 25 April 2021 di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak," kata Wawan saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Senin (26/4/2021).

Wawan lalu merinci kronologi kejadian gugurnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

"Bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI/Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri diadang oleh kelompok separatis dan teroris (KST) Papua," kata Wawan.

Kemudian menurut Wawan, jenazah Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Berikut sederet pernyataan Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto terkait gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Sampaikan Rasa Duka Cita Mendalam

Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto membenarkan gugurnya Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Wiwaha. Pihaknya berduka atas kerjadian tersebut.

"Telah gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa, Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha pada Minggu, 25 April 2021 di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak," kata Wawan.

 

3 dari 8 halaman

Kepala BIN Papua Sempat Diadang sebelum Akhirnya Gugur

Wawan kemudian merinci kronologi kejadian gugurnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Diketahui, jenderal bintang satu itu meregang nyawa usai terjadi kontak senjata dengan kelompok separatis teroris (KST) Papua.

"Bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI/Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri diadang oleh kelompok separatis dan teroris (KST) Papua," ucap Wawan.

 

4 dari 8 halaman

Sempat Terjadi Aksi Baku Tembak

Wawan membenarkan, terjadi aksi kontak tembak di sekitar gereja Kampung Dambet di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak akibat pengadangan tersebut.

"Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian," tutur dia.

 

5 dari 8 halaman

Kedatangan Kepala BIN Papua untuk Observasi Lapangan

Wawan menuturkan, kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet dalam rangka observasi lapangan.

"Guna mempercepat pemulihan keamanan pasca-aksi brutal Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua di wilayah tersebut," ungkap dia.

Selain itu, lanjut Wawan, memberikan kekuatan moril bagi masyarakat yang selama ini terancam akan kehadiran KST.

"Kunjungan Pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua," papar dia.

 

6 dari 8 halaman

Jenazah Diterbangkan ke Jakarta dan Dimakamkan di TMP Kalibata

Wawan mengatakan, Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. Rencananya, proses itu berlangsung pagi tadi, Senin (26/4/2021).

Kepala Badan Intelijen Negara di Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur ditembak kelompok separatis bersenjata (KSB) saat sedang observasi di Distik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono mengatakan, jenazah IGP Danny Nugraha Karya akan dievakuasi pada Senin 26 April 2021 pagi. Selanjutnya, jenazah akan diterbangkan dari Papua ke Jakarta.

"Besok akan dievakuasi oleh Heli Caracal pagi hari. Jam menyesuaikan keadaan cuaca. Selebihnya tunggu konfirmasi besok," kata Yogo saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Minggu (25/4/2021).

 

7 dari 8 halaman

Kabinda Papua Akan Dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta dan Dinaikkan Pangkat

Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, mengatakan Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. Rencananya, proses itu berlangsung pagi hari ini.

"Pagi direncanakan akan di bawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata," kata Wawan.

Selain itu, kata dia, akan ada kenaikan pangkat untuk almarhum.

"Dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral," jelas Wawan.

 

(Syauyiid Alamsyah)

8 dari 8 halaman

Baku Tembak TNI Vs KKB Papua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.