Sukses

Kementerian Agama Percepat Layanan Sertifikasi Halal

Mastuki menyampaikan pihaknya mempercepat layanan sertifikasi halal melalui penggunaan teknologi dalam sistem informasi halal atau SIHALAL.

Liputan6.com, Jakarta Plt Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Mastuki menyampaikan pihaknya mempercepat layanan sertifikasi halal melalui penggunaan teknologi dalam sistem informasi halal atau SIHALAL.

"Penerapan sistem informasi dalam layanan sertifikasi halal tentu akan membantu mewujudkan akses layanan menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih aman, dan lebih akuntabel," kata Mastuki dalam keterangan pers, Senin (26/4/2021).

Menurut dia, BPJH terus menyempurnakan layanan sertifikasi halal yang dilaksanakan. Terlebih ini adalah amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan PP Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelanggaraan Bidang JPH.

"Layanan sertifikasi halal juga harus menjangkau para pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan layanan kita juga diakses oleh pelaku usaha di mancanegara. Karenanya, penerapan aplikasi layanan merupakan sebuah keniscayaan saat ini," jelas Mastuki.

Karena itu, dengan SIHALAL, masyarakat bisa mengakses dari mana saja dan kapanpun melalui komputer atau telepon genggam.

"Dampak positif lainnya adalah meningkatnya jumlah sertifikat halal yang merupakan indikator penguatan ekosistem halal kita," kata Mastuki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Industri Halal

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melihat ada potensi industri halal dunia di Sidoarjo, Jawa Timur. Dia berharap, pemerintah provinsi Jatim bisa mendorong fasilitasnya agar disiapkan.

Adapun industri halal yang dimaksud Ma'ruf Amin yakni SAFE and LOCK Halal Industrial Park (HIP).

"Saya mengharapkan agar pemerintah daerah Jawa Timur dapat segera mendorong agar semua fasilitas yang dibutuhkan di dalam suatu kawasan industri halal dapat segara terpenuhi," kata Ma'ruf Amin saat mengisi webinar "Menyongsong Era Halal Industri Jawa Timur: Peluang dan Tantangan," yang dikutip dari siaran persnya, Kamis (4/3/2021).

Dia mencontohkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan di HIP, seperti fasilitas lembaga pemeriksa halal termasuk ketersediaan penyelia halal, laboratorium, instalasi pengolahan air baku halal, layanan keuangan syariah, dan fasilitas penunjang lainnya.

 

 

Reporter: Intan Umbari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.