Sukses

35 Satuan Kompi TNI Kawal Pemulangan Kepala Negara KTT ASEAN

Polda Metro Jaya juga menerjunkan 28 SSK untuk berkolaborasi dalam bidang keamanan bagi para delegasi dan Kepala Negara ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 35 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Kodam Jaya-Jaksel diterjunkan untuk mengamankan kedatangan dan kepulangan Kepala Negara dan Delegasi Negara sebagai peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang dilaksanakan pada Sabtu 24 April 2021 di gedung Sekretariat ASEAN Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

"Dalam rangka keamanan Kepala Negara dan Delegasi Negara, telah diterjunkan sebanyak 35 SSK TNI. Pembagiannya diatur sesuai kebutuhan pengamanan pasukan TNI di seluruh lokasi yang dianggap rawan," kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS dalam keterangan persnya, Minggu (25/4/2021).

Kapendam Jaya menyebutkan, 35 SKK TNI itu terdiri 22 SSK dari Kodam Jaya, 5 SSK dari Kostrad, 6 SSK dari Marinir dan 2 SSK dari Paskhas. Sedangkan pengaturan dilakukan oleh Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dody TW yang dibagi ke dalam 4 pengamanan lokasi, yakni Pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta, akomodasi penginapan, rute serta di objek Gedung Sekretariat ASEAN.

"8 SSK TNI dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan tempat menginap para Kepala Negara dan Delegasi Negara Asean yaitu Hotel Fairmont," ujarnya.

Selain itu, 8 SSK itu juga diterjunkan untuk mengamankan beberapa hotel di Jakarta di antaranya Hotel Grand Hyatt, Shangri-La, Hotel Mulia, Mandarin Oriental, Ritz Carlton, dan Hotel Raffles.

"Sementara untuk 27 SSK lainnya dari TNI dibagi menjadi tiga lokasi yaitu pengamanan Bandara Soekarno-Hatta, pengamanan rute dan pengamanan objek dilaksanakannya KTT ASEAN sesuai arahan," paparnya.

Selain dari TNI, Polda Metro Jaya menerjunkan 28 SSK untuk berkolaborasi dalam bidang keamanan bagi para delegasi dan Kepala Negara ASEAN terutama Rute yang dilalui. Mulai Bandara Soekarno-Hatta ke lokasi tempat menginap dan tempat KTT ASEAN dilaksanakan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Delegasi yang Sudah Tinggalkan Indonesia

Dia menegaskan bahwa hampir seluruh Delegasi dan Kepala Negara peserta KTT ASEAN sampai Sabtu malam (24/4) sudah meninggalkan Indonesia.

"Hanya Delegasi dari Philipina yang masih berada di Indonesia dan rencananya akan kembali pada hari Senin 26 April 2021," jelasnya.

Adapun Delegasi dan Kepala Negara yang sudah kembali ke negara asalnya, yaitu:

1. Sultan Brunei Darusalam (Hasanal Bolkiah)

2. Menteri Luar Negeri Laos (Mr. Saleumxay Kommasith)

3. Perdana Menteri Singapura (H. E Lee Hsien Loong

4. Ketua Dewan Adm Myanmar (H. E Senior General Min Aung Hlaing)

5. Menteri Luar Negeri Thailand (H. E. Don Pramudwinai)

6. PM Kamboja (H. E. Hun Sen)

7. PM Malaysia (H. E. Tan Sri Muhyidin Haji Mohd Yasin)

8. PM Vietnam (H. E. Pham Minh Chinh).

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.