Sukses

KSAL: Ketersediaan Oksigen di KRI Nanggala-402 Bisa Sampai 5 Hari, Jika Kelistrikan Berfungsi

Pasokan oksigen di kapal selam KRI Nanggala-402 bisa saja bertahan lebih lama dari 3x24 jam, jika kelistrikannya tak padam.

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan oksigen di kapal selam KRI Nanggala-402 bisa saja bertahan lebih lama dari 3x24 jam, jika kelistrikannya tak padam.

Sementara itu, jika tidak ada kelistrikan, persediaan oksigen di KRI Nanggala-402 hanya mampu bertahan 72 jam atau sekitar tiga hari setelah black out.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4/2021).

"Saya sampaikan 72 jam ketika kapal black out. Tapi kalau tidak black out, kalau ada listrik bisa sampai lima hari," ujar Yudo soal KRI Nanggala-402.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mau Berspekulasi

Yudo tak mau berspekulasi terkait kondisi kapal selam KRI Nanggala-402. Menurut dia, tanda-tanda keselistrikan menyala di dalam kapal salah satunya terlihat dari lampu kapal.

Yang jelas, lanjut dia, lampu masih menyala ketika kapal mulai menyelam. 

"Kita tidak bisa libat apakah dia black out atau tidak. Soalnya pas masuk air lampunya masih nyala. Namun demikian, kalau saat menyelam itu black out kemampuan hanya 72 jam. Tapi kalau listrik hidup bisa tahan 5 hari," tandas Yudo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.