Sukses

Gerindra soal Reshuffle Kabinet: Jangan Hanya Berdasarkan Coba-Coba

Fadli Zon meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengkaji secara matang jika nanti melakukan reshuffle kabinet.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengkaji secara matang jika nanti melakukan reshuffle kabinet.

Dia pun berharap agar tim yang dimiliki Jokowi punya kredibilitas untuk menilai menteri yang akan ditunjuknya.

"Kalau mau melakukan reshuffle, lakukanlah dengan radikal ibaratnya gitu ya, dalam arti memang secara holistik, dengan satu tim yang memang betul-betul punya kredibilitas," kata Fadli dalam diskusi virtual, Sabtu (24/4/2021).

Dia berharap, menteri yang nanti ditujuk Presiden Jokowi atau saat melakukan reshuffle kabinet tidaklah berdasarkan coba-coba atau trial and error.

"Jadi jangan trial and error dan terjadi tambal sulam. Saya khawatir ini justru akan menimbulkan kalau salah, suatu distrust kepada pemerintah," ungkap Fadli

Menurutnya kepercayaan masyarakat sangat penting bagi pemerintahan Presiden Jokowi, terlebih disituasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Jadi setiap kebijakan di tengah pandemi dan ekonomi sekarang ini harus benar-benar berhati-hati dengan kalkulasi matang dan tepat," kata Fadli.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Singgung Kementrian Investasi

Fadli juga berharap pembentukan Kementerian Investasi tidak keliru. Dia khawatir dibentuknya Kementerian Investasi justru tidak mendatangkan investasi yang diharapkan.

"Ini harus dipikirkan jangan sampai ada masukan masukan yang bisa keliru kepada Presiden, nanti dengan adanya kementerian investasi ini akan datang itu investasi yang besar besaran tapi kemudian kita lihat tidak datang itu yang diharapkan," kata dia.

Menurutnya, sebuah kementerian hanya pembuat kebijakan. Tapi eksekutor di lapangan tetap kembali pada pemangku bisnis.

"Kita udah bisa memprediksi apalagi di tengah pandami Covid sekarang ini yakin gak sih kita bahwa dengan adanya kementerian investasi apalagi kementerian itu kan sikapnya konsep, eskekutornya tetap di lapangan itu ya ada bisnis to bisnis, didunia investasi itu," kata Fadli.

 

Reporter: Genanta Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Gerindra