Sukses

Didampingi Menlu, Jokowi Hadiri KTT ASEAN Bahas Situasi Myanmar

Jokowi tiba di Gedung Sekretariat ASEAN Jakarta sekitar pukul 13.12 WIB dan disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Leaders' Meeting, Sabtu (24/4/2021).

Jokowi tiba di Gedung Sekretariat ASEAN Jakarta sekitar pukul 13.12 WIB dan disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi.

Berdasarkan keterangan pers Sekretariat Presiden, setelah berfoto dan mengisi buku tamu kedatangan, Jokowi bersama para pemimpin atau perwakilan negara-negara ASEAN menuju ruang pertemuan di Bali Lounge. Ini merupakan pertemuan pertama para pemimpin ASEAN di masa pandemi Covid-19.

Adapun Asean Leaders Meeting kali ini terdiri atas tiga segmen yakni, pembangunan masyarakat ASEAN, hubungan eksternal ASEAN, dan isu-isu regional dan internasional. Salah satu hal juga akan dibahas yaitu, mengenai krisis yang terjadi di Myanmar.

Pada segmen pertama dan kedua, Jokowi akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R. Suryodipuro. Sementara pada segmen ketiga, Presiden hanya didampingi oleh Menteri Luar Negeri.

Sejumlah pemimpin negara-negara ASEAN hadir atas undangan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, selaku Ketua ASEAN.

KTT ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut dari pembicaraan Presiden Jokowi dengan Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN terkait penyelesaian situasi Myanmar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekad Kuat Para Pemimpin untuk Membantu Myanmar

Penyelenggaraan Asean Leaders Meeting ini diharapkan dapat mencapai kesepakatan, utamanya mengenai langkah-langkah yang baik bagi rakyat Myanmar dan membantu Myanmar keluar dari situasi saat ini.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan bahwa pertemuan menggambarkan keseriusan dan tekad kuat para pemimpin ASEAN untuk membantu Myanmar.

"Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi kekhawatiran yang dalam ASEAN terhadap situasi yang terjadi di Myanmar dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini," jelas Retno dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 23 April 2021.

Ada pun para pemimpin negara ASEAN yang hadir langsung dalam KTT ini antara lain, Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính, Sultan Brunei Darusalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Kemudian, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing juga tiba di Jakarta untuk menghadiri pertemuan yang membahas nasib negaranya. Adapun kehadiran PM Thailand diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri Don Pramudwina. Sementara Presiden Laos, diwakilkan Menteri Luar Negeri Saleumxay Kommasith.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.