Sukses

Jubir: Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri Tak Ada yang Mudik

Fadjroel Rachman memastikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, serta para menteri tidak ada yang mudik ke kampung halaman saat Lebaran 2021.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, memastikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, serta para menteri tidak ada yang mudik ke kampung halaman saat Lebaran 2021.

Hal ini menyusul kebijakan pelarangan mudik Lebaran dari 6-17 Mei 2021 yang ditetapkan pemerintah.

"Saya bisa menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden, semua Menko, semua menteri, semua kepala lembaga itu tidak ada satu pun yang pulang kampung atau mudik Lebaran. Tidak ada satu pun," kata Fadjroel kepada wartawan, Jumat (23/4/2021).

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk memberikan contoh sehingga masyarakat pun tidak ada yang mudik saat Lebaran 2021.

Bahkan, Jokowi juga meminta para menteri dan pimpinan lembaga untuk tidak menggelar acara buka puasa bersama dan open house saat Hari Raya Idul Fitri 2021

"Teladan seperti itu diperlukan oleh masyarakat. Selain itu, kan juga yang dilarang sekarang ini buka puasa bersama termasuk dengan wartawan. Open house juga dilarang karena Covid ini masih mematikan," jelas Fadjroel.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa keputusan pelarangan mudik diambil karena terjadi tren kenaikan kasus Covid-19 setelah empat kali libur panjang tahun lalu. Misalnya, saat libur Hari Raya Idul Fitri 2020 terjadi kenaikan kasus harian hingga 93 persen dan tingkat kematian mingguan naik 66 persen.

Pertimbangan lainnya, kata dia, karena pemerintah harus menjaga tren penurunan kasus aktif Covid-19 di Indonesia. Jokowi menyampaikan bahwa kasus Covid-19 di tanah air dalam dua bulan terkahir menurun dari 176.672 kasus per 5 Februari 2021 menjadi 108.032 kasus pada 15 April 2021.

"Kita harus betul-betul menjaga bersama-sama momentum yang sangat baik. Untuk itulah, pada Lebaran kali ini pemerintah memutuskan melarang mudik bagi ASN, TNI Polri, pegawai BUMN, karyawan swasta, dan seluruh masyarakat," kata Jokowi dalam keterangan pers di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 16 April 2021

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.