Sukses

Pertimbangan Polisi Belum Berlakukan Ganjil Genap di Jakarta

Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta belum membahas rencana pengaktifan kembali kebijakan ganjil genap, meski lalu lintas di ibu kota mulai padat.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, kepolisian dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum membahas rencana mengaktifkan kembali pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap (gage).

"Sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait hal tersebut (pengaktifan ganjil genap)," kata Sambodo dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Dia menjelaskan, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan untuk kembali mengimplemtasikan kebijakan ganjil-genap di tengah situasi pandemi Covid-19. Salah satunya terkait ketersediaan moda transportasi publik di Jakarta.

"Pemberlakuan gage tentu harus dengan pertimbangan penambahan kapasitas angkutan pubik. Karena kalau diberlakukan akan ada perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Sementara kapasitas angkutan umum masih dibatasi 50%," papar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Solusi Atasi Kemacetan

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyinggung volume kendaraan di Jakarta yang mulai padat pascapeniadaan ganjil-genap. Saat ini, pihaknya pun sedang mencari solusi untuk mengatasi kemacetan.

"Soal ganjil genap masih dalam kajian. Nanti sabar, memang ada peningkatan intensitas kepadatan lalu lintas," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (20/4/2021).

3 dari 3 halaman

Ganjil Genap Sepeda Motor saat PSBB Transisi Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.