Puan Maharani Sebut Perjuangan Kartini Masih Relevan Sampai Hari Ini

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 21 Apr 2021, 16:11 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 16:11 WIB
Rapat Paripurna Masa Sidang IV DPR
Perbesar
Ketua DPR Puan Maharani berpidato pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-16 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/4/2021). Rapat juga membahas pembentukan kementerian baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, peringati hari Kartini pasti menyinggung akan ceritanya.

Menurutnya, cerita akan sosok Kartini akan perjuangannya masih relevan sampai hari ini bahkan bagi kaum milenial. Dia pun meminta kaum muda bisa terinspirasi dan membuat kemajuan.

Hal ini disampaikan saat menjadi pembicara utama Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini"di acara yang digelar DPP PDIP.

"Maka sekarang saatnya kalian dan kita semua membuat cerita-cerita baru yang akan menginspirasi generasi masa depan untuk menghadirkan kemajuan Indonesia," kata Puan, Rabu (21/4/2021).

Menurut dia, melalui cerita Kartini, rakyat Indonesia masa kini bisa merasakan cerita kegigihan banyak perempuan Indonesia yang berjuang untuk Indonesia. Bahwa banyak perempuan Indonesia yang menjadi teladan pendidikan dan perjuangan hak-hak perempuan.

Dewasa ini, banyak perempuan-perempuan hebat Indonesia lahir. Baik mereka yang menjadi atlet ataupun mereka yang masuk menjadi TNI.

"Cerita-cerita perempuan-perempuan hebat Indonesia itu telah menjadi sumber inspirasi dan energi bangsa kita selama ini dan menjadi pengingat tentang nilai-nilai kebangsaan yang perlu selalu kita pegang untuk melangkah ke depan," ungkap Puan.

 

2 dari 3 halaman

Visioner

Menurut Puan, Kartini sangat visioner dengan perjuangannya memajukan pendidikan perempuan.

Karena yang akan membedakan serta tetap membuat manusia unggul adalah kualitas kecerdasannya yang tak bisa dimiliki robot. Yakni kemampuan untuk memiliki nation and character building.

"Di sinilah terlihat bahwa nation and character building besar perannya untuk menghadirkan manusia-manusia tangguh, kreatif, inovatif, dan adaptif, yang tetap kuat jiwa Keindonesiannya. Saya percaya bahwa generasi milenial dan generasi Z Indonesia adalah generasi hebat," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓