Sukses

Menteri PPPA: Hadirnya Perempuan Luar Biasa, Wujud Kartini Masa Kini

I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengucapkan selamat hari Kartini pada seluruh perempuan hebat di Indnesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengucapkan selamat hari Kartini pada seluruh perempuan hebat di Indnesia yang dinilainya tak pernah berhenti berjuang untuk dirinya, keluarganya, lingkungan dan juga bangsanya.

"Kalianlah motor penggerak perubahan, pelita penerang yang menjadi pemantik harapan bagi Indonesia yang lebih baik di masa depan," kata Ayu Bintang dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia yang diadakan Liputan6.com secara daring, Rabu (21/4/2021).

Dengan adanya anugerah bagi kaum perempuan, khususnya hadirnya perempuan hebat, menandakan wujud para Kartini di masa kini. Dia pun memberikan apresiasi terhadap pemberian anugerah ini.

"Hadirnya perempuan-perempuan luar biasa yang mengisi daftar nominasi anugerah Perempuan Hebat Indonesia hari ini, saya yakini sebagai wujud Kartini masa kini, di tengah pandemi mereka tidak berhenti berkarya," ungkap Ayu Bintang.

Dia mengakui saat ini dengan adanya pandemi Covid-19, menurutnya tidak hanya membuat Indonesia mengalami krisis kesehatan dan ekonomi, melainkan juga pekerjaan rumah dalam upaya pengarusutamaan gender di Indonesia.

"Disamping krisis ekonomi dan kesehatan, anak-anak Indonesia mengalami risiko praktik perkawinan anak, risiko ini menjadi lebih besar bagi anak perempuan. Menurunnya angka perekonomian nasional juga perlu perhatian mengingat perempuan menjadi salah satu kelompok yang paling rentan terdampak," kata Ayu Bintang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Pemerintah

Meski demikian, Ayu Bintang memastikan komitmen pemerintah terus menjalankan pengarusutamaan gender meski dalam kondisi pandemi.

"Pemerintah berkomitmen pengarustaman gender harus menjadi startegi pembangunan baik pusat maupun daerah. Keterlibatan perempuan dalam pemulihan covid memengang peranan sangat penting," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.