Menteri PPPA: Hadirnya Perempuan Luar Biasa, Wujud Kartini Masa Kini

Oleh Delvira Hutabarat pada 21 Apr 2021, 14:25 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 14:32 WIB
Bahas Kelanjutan RUU P-KS, Menteri PPPA Raker Dengan Komisi  VIII DPR
Perbesar
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati saat mengikuti rapat kerja dengan komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11). Rapat membahas lima program prioritasnya untuk periode 2019-2024 Salah satuny kelanjutan RUU P-KS. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengucapkan selamat hari Kartini pada seluruh perempuan hebat di Indnesia yang dinilainya tak pernah berhenti berjuang untuk dirinya, keluarganya, lingkungan dan juga bangsanya.

"Kalianlah motor penggerak perubahan, pelita penerang yang menjadi pemantik harapan bagi Indonesia yang lebih baik di masa depan," kata Ayu Bintang dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia yang diadakan Liputan6.com secara daring, Rabu (21/4/2021).

Dengan adanya anugerah bagi kaum perempuan, khususnya hadirnya perempuan hebat, menandakan wujud para Kartini di masa kini. Dia pun memberikan apresiasi terhadap pemberian anugerah ini.

"Hadirnya perempuan-perempuan luar biasa yang mengisi daftar nominasi anugerah Perempuan Hebat Indonesia hari ini, saya yakini sebagai wujud Kartini masa kini, di tengah pandemi mereka tidak berhenti berkarya," ungkap Ayu Bintang.

Dia mengakui saat ini dengan adanya pandemi Covid-19, menurutnya tidak hanya membuat Indonesia mengalami krisis kesehatan dan ekonomi, melainkan juga pekerjaan rumah dalam upaya pengarusutamaan gender di Indonesia.

"Disamping krisis ekonomi dan kesehatan, anak-anak Indonesia mengalami risiko praktik perkawinan anak, risiko ini menjadi lebih besar bagi anak perempuan. Menurunnya angka perekonomian nasional juga perlu perhatian mengingat perempuan menjadi salah satu kelompok yang paling rentan terdampak," kata Ayu Bintang.

 

2 dari 3 halaman

Komitmen Pemerintah

Meski demikian, Ayu Bintang memastikan komitmen pemerintah terus menjalankan pengarusutamaan gender meski dalam kondisi pandemi.

"Pemerintah berkomitmen pengarustaman gender harus menjadi startegi pembangunan baik pusat maupun daerah. Keterlibatan perempuan dalam pemulihan covid memengang peranan sangat penting," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓