Sukses

Polres Bogor Sekat 7 Titik Jalur Tikus Selama Mudik Lebaran

Polres Bogor akan menyekat jalur tikus yang kerap dilewati masyarakat pada arus mudik Lebaran 2021. Penyekatan dilakukan di perbatasan pintu keluar masuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Bogor akan menyekat jalur tikus yang kerap dilewati masyarakat pada arus mudik Lebaran 2021. Penyekatan dilakukan di perbatasan pintu keluar masuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan personel kepolisian akan menjaga di tujuh titik sekat. Dari tujuh titik sekat termasuk jalur tikus yang dijaga berada di wilayah perbatasan Kabupaten Bogor, Jakarta, Cianjur, Bekasi, Sukabumi, Banten, dan Karawang.

"Sementara ini kita ada 7 titik penyekatan. Metodenya kita tangkal, kalau yang membandel mudik ya langsung diminta diputar balik seperti di Puncak Bogor misalnya," kata Harun, Selasa (20/4/2021).

Petugas jaga akan mengidentifikasi pemudik dilihat dari plat nomor kendaraan, barang bawaan, dan memeriksa kartu tanda penduduk (KTP).

"Kalau dari luar itu kan nanti kelihatan dari KTP-nya yang mereka bawa. Kalau terindikasi mau mudik langsung diminta balik arah," tambahnya.

Penyekatan arus mudik tersebut tidak hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih, tapi juga berlaku bagi motor hingga bus antarkota, antarprovinsi.

Pengalaman Lebaran tahun lalu, lanjut Harun, tak sedikit pula masyarakat yang nekat mudik dengan menumpang truk atau jasa travel dengan melewati jalur tikus, di antaranya jalur Puncak dan Jonggol.

"Kalau ada modus truk yang angkut motor pemudik atau pemudik lewat jalur tikus itu pasti kita antisipasi. Di pos penyekatan akan diperiksa," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunjukkan Tes Antigen

Selain penyekatan, pihak kepolisian dengan melibatkan petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan akan melakukan pemeriksaan surat tes antigen maupun sertifikat vaksinasi bagi setiap pengendara saat menjelang hingga Lebaran nanti.

Setiap warga Jakarta dan sekitarnya masuk ke wilayah Kabupaten Bogor wajib menunjukan surat hasil tes antigen dan sertifikasi vaksin.

"Untuk ini kita punya 2 model. Satu penangkalan warga dari Jabodetabek. Kedua pengecekan hasil tes antigen dan sertifikasi vaksin untuk yang kesini, karena untuk mudik lokal kan diperbolehkan," terangnya.

Di samping melakukan tindakan, akan ada Operasi Kemanusiaan Ketupat tahun 2021. Operasi ini lebih mengarah kepada imbauan agar masyarakat tidak mudik Lebaran.

Pola operasi keselamatan ini akan berbeda dari tahun sebelumnya karena akan fokus memutus rantai penyebaran Covid-19 pada Idul Fitri 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.