Dokter di Bogor Pakai Kostum Captain America Suntik Vaksin Covid-19 ke Lansia 104 Tahun

Oleh Achmad Sudarno pada 20 Apr 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 19:38 WIB
Vaksinator di RS Vania Kota Bogor memakai kostum superhero Captain Amerika saat menyuntikan vaksin Covid-19 kedua bagi para lansia, Selasa (20/4/2021).
Perbesar
Vaksinator di RS Vania Kota Bogor memakai kostum superhero Captain America saat menyuntikan vaksin Covid-19 kedua bagi para lansia, Selasa (20/4/2021). (Liputan.com/ Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Program vaksinasi Covid-19 terhadap sasaran lanjut usia (lansia) di Kota Bogor tetap berjalan meskipun di bulan Ramadan. Bahkan, ada yang unik saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Vania Kota Bogor, Selasa (20/4/2021).

Seorang vaksinator di rumah sakit tersebut memakai kostum superhero Captain America saat menyuntikan vaksin kedua bagi para lansia.

dr. Rolando Erric Manibuy sengaja memakai kostum Captain America untuk menghilangkan rasa takut bagi si penerima vaksin. Selain itu, untuk memacu semangat saat menjalankan tugas sebagai petugas sukarelawan vaksinasi.

"Kalau pakai APD suasananya mungkin lebih menakutkan," kata Rolando.

Salah satu peserta yang dia suntik vaksin adalah Wirjawan Hardjamulia. Kakek berusia 104 tahun. Wirjawan menjalani vaksinasi kedua.

Wajah Wirjawan tampak semringah lantaran bisa kembali disuntik vaksin Covid-19. Dengan didorong kursi roda, ia nampak tenang di antara para penerima vaksinasi lansia lainnya.

Indriyati Pardewi anak ketiga Wirjawan yang ikut mendampingi mengatakan, ayahnya sangat antusias mengikuti vaksin kedua.

"Usai vaksin pertama, tidak ada keluhan atau efek samping yang dialami," kata Pardewi kepada wartawan di lokasi vaksin.

2 dari 3 halaman

Wali Kota Bogor Bima Arya Beri Semangat

Kakek berusia 104 tahun menerima suntikan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Vania, Bogor pada Selasa, 23 Maret 2021.
Perbesar
Seorang kakek berusia 104 tahun menerima suntikan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Vania, Bogor pada Selasa, 23 Maret 2021. (Foto: Dokumentasi Dinas Kesehatan Kota Bogor)

Indriyati Pardewi menceritakan, sang ayah mengetahui vaksinasi dari televisi dan membaca koran. Dari situ, mendorong Wirjawan untuk ikut vaksinasi meski usianya sudah lebih dari 1 abad.

Wali Kota Bogor Bima Arya yang hadir pun memberikan semangat baik kepada lansia yang antusias mengikuti vaksinasi.

"Terutama Pak Wirjawan, saya apresiasi. Di usianya 104 tahun masih disiplin dan menjalani vaksinasi dosis kedua," ujar Bima.

Bima berharap, vaksin kepada Wirjawan bisa menggugah para lansia lain di Kota Bogor yang masih enggan divaksin.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor, dari sasaran 95.371 orang untuk vaksinasi lansia di Kota Bogor, baru 28.817 orang atau 30 persen yang telah divaksin. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓