Flyover Cakung Dilengkapi dengan Jalur Sepeda

Oleh Ika Defianti pada 19 Apr 2021, 15:33 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 15:34 WIB
Menengok Pembangunan Flyover Cakung yang Hampir Rampung
Perbesar
Rangkaian kereta saat melintas di bawah Flyover Cakung, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Progres pembangunan flyover yang menghubungkan kawasan Duren Sawit dengan Cakung tersebut saat ini telah mencapai 96,44 persen. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan flyover Cakung, Jakarta Timur dilengkapi pula jalur sepeda.

Menurut dia, jalur tersebut berada di sebelah kiri jalan layang tanpa sekat dengan kendaraan lainnya.

"Jadi jalur sepeda ini memang mixing dengan jalan dan sudah kita buat marka sendiri," kata Hari saat dihubungi soal flyover Cakung, Jakarta, Senin (19/4/2021).

Dia menjelaskan, alasan jalur sepeda tersebut tidak dilakukan penyekatan. Alasannya, agar tidak mempersempit flyover yang sedang diuji coba itu.

"Karena kalau kita buat secara proteksi, secara permanen akan membuat jalan itu menjadi sempit," jelas Hari.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan uji coba atau open traffic di flyover atau jembatan layang Cakung, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyatakan, uji coba tersebut dilakukan setelah flyover Cakung telah dinyatakan selesai.

"Uji coba flyover Cakung, Jakarta Timur, mulai Senin (19/4/2021) hingga Rabu (21/4/2021) pada pukul 07.00 - 22.00 WIB," kata Hari dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2021).

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Alur Lalu Lintas

Oleh karena itu, Hari mengatakan, akan diberlakukan sistem satu arah pada jalan samping tol lingkar luar timur. Yakni dari arah selatan atau Stasiun Cakung ke arah Utara atau arah ke kantor Wali Kota Jakarta Timur.

"Dan lalu lintas di frontage road sisi timur tol lingkar luar timur diberlakukan satu arah dari arah Utara (Terminal Pulogebang) ke arah Selatan (Stasiun Cakung). Serta flyover Wali Kota Timur juga akan diberlakukan satu arah dari Barat ke Timur," ucapnya.

Lanjut Hari, untuk pengguna jalan yang keluar dari tol exit Pulogebang tidak diperbolehkan berputar balik ke arah selatan atau arah Stasiun Cakung. Namun lurus untuk kemudian belok kiri ke arah Wali Kota Jakarta Timur atau belok kanan naik ke ramp flyover Wali Kota Timur ke arah timur.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait