Sukses

Istri Ridwan Kamil Positif Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Ini Penjelasan Kemenkes

Nadia menyebut, vaksinasi Covid-19 yang diikuti Atalia Praratya bukan mencegah terpapar Covid-19. Melainkan melindungi dari fatalitas dan gejala berat akibat terjangkit virus SARS-CoV-2 itu.

Liputan6.com, Jakarta - Istri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yakni Atalia Praratya positif terpapar Covid-19 meski sudah divaksinasi dua kali. Dia mengumumkan positif Covid-19 melalui akun Instagramnya, Sabtu, 17 April 2021.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan setiap orang berisiko terpapar Covid-19 di tengah pandemi, meskipun telah mengikutu program vaksinasi.   

"Selama masa pandemi, kemungkinan penularan akan tetap terjadi," katanya saat dihubungi merdeka.com, Senin (19/42021).

Nadia menyebut, vaksinasi Covid-19 yang diikuti Atalia Praratya bukan mencegah terpapar Covid-19. Melainkan melindungi dari fatalitas dan gejala berat akibat terjangkit virus SARS-CoV-2 itu.

"Semua vaksin memiliki efikasi 65 sampai 95 persen, tidak ada yang 100 persen. Artinya risiko kita menjadi sakit sudah turun lebih dari 50 persen. Semua vaksin mencegah gejala berat dan perawatan sampai dengan 90 persen dan mencegah kematian lebih dari 95 persen," jelasnya.

 

Saksikan video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobilitas Tinggi

Nadia kemudian menjelaskan sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang terpapar Covid-19. Pertama, mobilitas orang yang terjangkit Covid-19 tinggi. Kedua, laju penularan virus asal Wuhan, China itu di lingkungan masyarakat sangat besar.

"Jadi kalau mobilitas tinggi dan juga kita ini dalam situasi pandemi yang artinya jumlah virus dan laju penularan sangat besar maka risiko untuk tertular juga besar," tutupnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.