Kirim Bantuan Bencana ke NTT, Sekjen Gerindra Dorong Realisasi Relokasi Warga

Oleh Nafiysul Qodar pada 19 Apr 2021, 05:21 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 05:49 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani
Perbesar
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani meninjau tenda pengungsian korban bencana alam di NTT. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra memberikan bantuan kepada para korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan tersebut akan didistribusikan kepada korban bencana di delapan kabupaten/kota di NTT.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua DPD Gerindra NTT, Eston Fonay untuk selanjutnya diditribusikan ke sejumlah wilayah.

"Ini adalah bantuan yang di kumpulkan secara gotong royong dari kader Gerindra yang duduk di Fraksi DPR RI. Mereka merasakan betapa berat beban yang dirasakan menghadapi musibah," kata Muzani dalam keterangan tertulis, Minggu (18/4/2021)

Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, kata Muzani, anggota Fraksi Gerindra juga turut merasakan penderitaan yang dialami warga NTT terdampak bencana alam. "Kedatangan kami di NTT untuk memberi semangat kepada mereka yang terkena musibah untuk lebih optimis dan lebih yakin lagi dalam menatap masa depan," kata Wakil Ketua MPR RI ini.

Dia juga menyampaikan pesan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar para kader bertindak cepat dalam membantu masyarakat NTT, karena mereka membutuhkan pertolongan dan bantuan.

"Masyarakat NTT tidak sendirian menghadapi musibah ini dan bencana ini terjadi di tengah Covid-19, sehingga penangannya juga harus ekstra agar tidak menjadi kluster baru," tutur Muzani.

Dalam kesempatan itu, Muzani dan rombongan juga meninjau sejumlah pengungsian, gereja, dan lokasi yang terdampak bencana. Para korban umumnya menyampaikan bahwa kebutuhan makan dan minum tercukupi, tapi yang mendesak adalah perbaikan atau relokasi rumah tempat tinggal mereka.

 

2 dari 4 halaman

Dukung Relokasi

Kondisi Lembata NTT usai Terjangan Banjir Bandang
Perbesar
Orang-orang berjalan di tengah puing-puing di sebuah desa yang terkena banjir di Ile Ape, di Pulau Lembata, provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/5/2021). sejumlah ruas jalan dan jembatan rusak akibat banjir bandang tersebut. . (AP Photo/Ricko Wawo)

Wali Kota Kupang, Jefirstson R Riwu Kore yang turut mendampingi penyerahan bantuan mengatakan, bahwa pemerintah akan merelokasi warga ke tempat yang lebih aman dari lokasi rawan bencana alam.

Ahmad Muzani menuturkan, Gerindra mendukung langkah pemerintah dan mendorong agar rencana relokasi warga segera terealisasi. Gerindra juga mendorong agar penanganan pascabencana tepat sasaran.

Dilaporkan Ketua DPD Gerindra NTT, bencana yang terjadi memakan korban 181 korban jiwa, ribuan rumah rusak, dan puluhan tempat ibadah hancur serta puluhan warga masih belum ditemukan.

Adapun bantuan yang diberikan Partai Gerindra itu berupa kebutuhan pokok seperti, beras, mie instan, ikan kaleng, susu, biskuit, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, selimut, masker, serta air mineral.

Selain Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, turut menyertai Anggota Komisi II DPR RI Prasetyo Hadi, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, Anggota Komisi VIII Jefry Romdony, Wali Kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore, Ketua Badan Kesira dr Benny Octavianus, dan anggota DPRD Partai Gerindra di NTT.

3 dari 4 halaman

Banjir Bandang Terjang NTT

Infografis Banjir Bandang Terjang NTT. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Banjir Bandang Terjang NTT. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓