Menag Yaqut Dukung Langkah Proaktif Polisi Tindak Penista Agama

Oleh Liputan6.comMuhammad Radityo Priyasmoro pada 18 Apr 2021, 20:05 WIB
Diperbarui 18 Apr 2021, 20:05 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memimpin upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag di Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021)
Perbesar
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memimpin upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag di Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021). (Dokumentasi Kemenag)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menanggapi dugaan penistaan agama yang dilakukan Jozeph Paul Zhang. Menag mengapresiasi langkah proaktif kepolisian yang menindaklanjuti dugaan penistaan agama tersebut.

"Saya mengapresiasi langkah proaktif aparat dalam menindaklanjuti dan mengambil tindakan atas laporan ujaran yang mengandung penistaan dan menimbulkan keresahan," ujar Menag kepada wartawan, Minggu (18/4/2021).

Yaqut meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi masalah yang diduga dilakukan oleh Jozeph Paul Zhang itu.

"Saya minta masyarakat untuk tetap tenang, mengedepankan kebersamaan dan toleransi di tengah upaya berbagai pihak mengadu dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa," imbuhnya.

Ia menegaskan, penistaan agama tidak dibenarkan atas alasan apa pun. Umat beragama tidak boleh merendahkan atau menyalahkan ajaran dan keyakinan agama lainnya.

"Kedepankan toleransi. Mari yakini kebenaran agama masing-masing dengan tetap menghormati dan menghargai saudara sebangsa yang berbeda keyakinan," kata Yaqut.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jangan Sampai Masalah Melebar

Jozeph Paul Zhang
Perbesar
Tangkapan layar channel Youtube Jozeph Paul Zhang. (Istimewa)

Sementara itu, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mendukung langkah aparat kepolisian segera memproses hukum Jozeph Paul Zhang. 

Supaya kasus ini tidak melebar kemana-mana. Ia menilai, apa yang dilakukan Jozeph telah melukai perasaan umat Islam dan harmoni kehidupan beragama.

"Saya mendukung langkah aparat kepolisian untuk melakukan langkah-langkah hukum agar masalah ini dapat segera ditangani dengan baik dan tidak melebar kemana-mana," kata Zainut.

 

Penulis: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓