ITS Punya Desain Rumah Tahan Gempa, Mensos Risma Segera Lapor ke Jokowi

Oleh Yopi MakdoriMuhammad Radityo Priyasmoro pada 18 Apr 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 18 Apr 2021, 13:19 WIB
Warga Purworejo Dapat Hunian Tahan Gempa
Perbesar
Pembangunan rumah tahan gempa Rumah Unggul Sistem Panel Instan (Ruspin) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Tri Rismaharini menyambangi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Risma pun mendapat laporan bahwa akademisi dan peneliti di ITS memiliki desain rumah tahan gempa.

“Saya bertanya apakah ITS bisa membantu? Ternyata sudah ada desainnya. Sudah disiapkan. Untuk penerapannya di mana, saya laporkan dulu ke Bapak Presiden,” kata Risma di ITS Surabaya, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Minggu (18/4/2021).

Dia menilai, rumah tahan gempa membuat rasa trauma masyarakat kembali ke tempat tinggalnya berkurang. Rumah tahan gempa juga menjadi upaya mitigasi terhadap masyarakat yang tinggal pada jalur megathrust.

“Jadi kalau rawan banjir ya kita bisa siapkan perahu. Kalau rawan gempa yang mungkin bisa disiapkan tenda, karena kalau gempa kan masyarakat takut berada di rumah," jelas Risma.

Dia menjelaskan, trauma healing pascabencana adalah salah satu program kementeriannya terhadap para korban bencana.

"Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki kewenangan dalam pemenuhan kebutuhan dasar pada saat dan pasca terjadinya bencana serta pemberian dukungan psikososial bagi korban bencana," Risma menandasi.

2 dari 3 halaman

ITS Punya Pakar dan Riset

(Foto: Dok ITS)
Perbesar
Kampus ITS (Foto: Dok ITS)

Sementara itu, Rektor ITS Mochamad Ashari menyampaikan, pihaknya dengan sangat senang hati akan membantu program-program dari Kemensos RI, utamanya berkaitan dengan bencana alam.

"Kalau bencana dibutuhkan pemetaan, kota di Indonesia rawan bencana apa. Sebab di ITS punya pakar dan pusat riset," katanya.

Ashari mengungkapkan pada kesempatan itu dirinya menunjukkan sejumlah desain rumah tahan bencana rancangan ITS.

Selain itu, ITS akan membantu Kemensos secara teknologi, penataan data untuk bencana dan transportasi laut.

"Intinya ITS bantu secara teknologi, penataan data, desain rumah, dan transportasi laut. Apa yang kami punya, dengan senang hati membantu," tutur Rektor Ashari.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓