Sukses

Jokowi: Jangan Sampai Perencanaan Wilayah Buat Warga Terasing di Kampung Sendiri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan, perencanaan wilayah dan kota harus turut mempertimbangkan budaya masyarakat, sejarah, hingga struktur ekonomi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan, perencanaan wilayah dan kota harus turut mempertimbangkan budaya masyarakat, sejarah, hingga struktur ekonomi masyarakat. Dia tak ingin perencanaan wilayah dan kota jusrtu membuat masyarakat merasa terasing di kampungnya.

"Jangan sampai perencanaan justru membuat masyarakat terasing di kampungnya sendiri. Jangan sampai perencanaan memicu kemacetan lalu lintas, membuat biaya hidup semakin mahal dan semakin tidak sehat," ujar Jokowi dalam HUT Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/4/2021).

Menurut dia, perencanaan wilayah dan kota bukan hanya sekedar merancang pembangunan gedung, namun juga membangun tempat hidup yang bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat, interaksi sosial, akar budaya.

Bukan hanya itu, perencanaan pun harus memikirkan efisiensi ekonomi dan kenyamanan hidup yang dapat mempengaruhi kebahagiaan dan kreatifitas warganya.

"Jangan sampai perencanaan silau dengan perkembangan teknologi yang tidak diintegrasikan dengan kebutuhan masyarakat," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Sungai

Jokowi menekankan, perencanaan harus mengarah pada pembangunan kota yang inklusif dan terbuka untuk semua masyarakat. Kemudian, rancangan desain kota harus mengamankan sungai dan membuat warganya cinta terhadap sungai-sungainya.

Pasalnya, rancangan rumah yang menghadap sungai dinilai dapat menjadi salah satu cara yang tertuang dalam perencanaan. Jokowi menyakini apabila perencanaan wilayah dan kota dirancang dengan sangat matang, akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Desain perencanaan wilayah dan perencanaan kota yang dirancang dengan matang akan berkontribusi besar terhadap kualitas hidup warganya, terhadap kualitas lingkungan, kegiatan ekonomi sosial dan budaya serta terhadap citra Indonesia di mata masyarakat internasional," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi