Top 3 News: Jejak Digital Pratu Lakius yang Pro KKB

Oleh Yopi MakdoriArie NugrahaMaria FloraRinaldo pada 17 Apr 2021, 07:51 WIB
Diperbarui 17 Apr 2021, 07:54 WIB
KKB Papua Kembalikan 4 Senjata Api Milik TNI
Perbesar
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah mengembalikan senjata api milik yang dirampas dari anggota TNI yang sedang mengawal tim s...

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo membenarkan bahwa salah satu anggotanya, yaitu Pratu Lukius Y Matuan telah bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker. Berita ini terpopuler di top 3 news, Jumat, 16 April 2021. 

Pratu Lakius pernah bertugas di Intan Jaya, Papua sejak Agutus 2020 hingga Maret 2021. Dari jejak digital yang telah ditelusuri, mantan anggota Raider 400 ini memiliki banyak teman dari akun pro-KKB.

Berita terpopuler lainnya masih terkait potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan masih terus terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Meski badai siklon tropis Surigae telah menjauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan ekor badai masih akan menjangkau sejumlah wilayah di bagian utara, seperti Pulau Halmahera, Sulawesi, dan Papua.

Imbas badai siklon tropis Surigae tersebut, khususnya di Papua diperkirakan akan hujan deras dan angin kencang pada 18-19 April.

Sementara itu, isu reshuffle pada jajaran kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi semakin menguat usai Kemenristekdikti dan Kemendikbud dilebur menjadi satu dan hadirnya Kementerian Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja.

Bahkan lembaga survei Indonesia Indicator telah mengeluarkan hasil surveinya atas sejumlah nama menteri yang dinilai memiliki kinerja yang baik oleh masyarakat. Dari 11 nama yang muncul, tiga di antaranya adalah Tri Rismaharini, Erick Thohir, dan Budi Gunadi Sadikin.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 16 April 2021:

2 dari 5 halaman

1. Kabur dari Kesatuan, Pratu Lakius Diduga Bergabung dengan KKB Sabinus Waker

KKB
Perbesar
Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Dok TNI)

Pratu Lukius Y Matuan, anggota Yon Infanteri 400 Raider diduga telah bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker yang beroperasi di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"Memang benar saat ini Pratu Lukius yang sebelumnya tergabung dalam Yonif Raider 400 itu bergabung dengan KKB," ujar Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo seperti dikutip Antara, Jumat (16/4/2021) malam.

Dia membenarkan, Lukius tergabung bersama Raider 400 dan sempat ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021.

"Lukius diperkirakan kabur sejak tanggal 12 Februari tanpa membawa senjata," kata Brigjen TNI Suswatyo.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. LAPAN Sebut Siklon Tropis Surigae Berpotensi Jadi Badai Super Raksasa

Siklon Tropis
Perbesar
Gambar satelit menunjukkan sekelompok besar hujan dan badai di dekat Filipina pada Selasa sore, waktu setempat. (Badan Meteorologi Jepang / Himawari 8)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan badai siklon tropis Surigae berpotensi menjadi super taifun atau badai super raksasa. Badai siklon tropis Surigae yang terbentuk di utara Papua sejak 14 April lalu kini semakin menguat.

Menurut peneliti LAPAN Erma Yulihastin, meskipun pergerakan badai siklon tropis Surigae sudah mulai menjauhi Indonesia yaitu ke arah barat laut menuju Filipina, namun pergerakan angin dari ekor badai tersebut menjangkau wilayah-wilayah di bagian utara Indonesia.

"Seperti Pulau Halmahera dan Sulawesi bagian utara, dan menimbulkan angin kencang sekitar 2-4 m/det di atas darat dan 8-10 m/det di atas laut," ujar Erma kepada Liputan6.com, Bandung, Jumat, 16 April 2021.

Erma menjelaskan selain Sulawesi dan Halmahera, wilayah yang akan mendapat pengaruh secara langsung dari keberadaan Surigae ini adalah sebagian besar Papua. Khususnya di wilayah kepala burung atau Papua Barat.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. HEADLINE: Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Menteri Berkinerja Buruk Terancam Dicopot?

FOTO: Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju
Perbesar
Presiden Joko Widodo (kanan) melantik enam baru menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Pelantikan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dileburnya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud, serta hadirnya Kementerian Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja, memunculkan wacana reshuffle kabinet.

Isu reshuffle kabinet yang berkembang bukan hanya untuk mengisi pos kementerian baru atau yang kosong, tetapi berkembang ke pergantian besar.

Jika melihat sejumlah survei tentang menteri, misalnya yang baru dikeluarkan oleh Indonesia Indicator dengan menyoroti pemberitaan positif tertinggi menggunakan peranti lunak kecerdasan buatan (AI), ada 10 menteri dianggap bekerja dengan baik.

Riset yang dilakukan oleh Indonesia Indicator tersebut diambil dengan rentang waktu 24 Desember 2020-12 April 2021 yang menganilis sebanyak 4.655.176 berita.

Hasilnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapatkan sentimen positif tertinggi dengan 13.968 berita. Kemudian disusul oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 13.879 berita.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓