Sukses

Gelandangan dan Pengemis Musiman Mulai Menjamur di Kota Bekasi

Gepeng ini beroperasi dengan menyebar di sejumlah titik di Kota Bekasi, seperti pasar tradisional dan tempat berjualan takjil.

Liputan6.com, Bekasi - Memasuki bulan suci Ramadan, pengemis dan gelandangan (gepeng) mulai menjamur di Kota Bekasi, Jawa Barat. Para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Untuk gepeng musiman sudah mulai masuk dari Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon," kata Kasatpol PP Kota Bekasi, Abi Hurairah, Jumat (16/4/2021).

Abi menuturkan, seluruh gepeng beroperasi dengan menyebar di sejumlah titik di Kota Bekasi, terutama di keramaian, seperti pasar tradisional dan tempat berjualan takjil.

"Menyebar, banyaknya titik fokus di Bekasi Timur, Selatan, Utara, Barat, Rawalumbu, Pondokgede," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi menjamurnya gepeng musiman, pihak Satpol PP akan menggelar operasi rutin di wilayah-wilayah tempat mereka biasa mencari nafkah.

"Untuk tidak bertambah banyak, kami akan melakukan operasi terus-menerus," tegas Abi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Memberi Sedekah

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak memberikan sedekah kepada gepeng, untuk memaksimalkan penanganan. Pasalnya, kebiasaan memberikan sedekah dinilai Abi sangat tidak mendidik.

"Masyarakat seyogyanya dapat menyalurkan rizkinya kepada yang telah ditentukan, dan jangan mendidik masyarakat apalagi kaum muda untuk malas bekerja," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.