Sukses

3 Hal soal Tugu Pamulang yang Tuai Cibiran Warganet

Cibiran tersebut terlontar usai tersebar desain foto asli Tugu Pamulang yang sedianya akan dibuat seperti miniatur menara masjid Banten Lama yang terlihat megah.

Liputan6.com, Jakarta - Menuai cibiran warganet, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana membangun ulang Tugu Pamulang yang kini berdiri di tengah persimpangan jalan utama.

Cibiran tersebut terlontar usai tersebar desain foto asli Tugu Pamulang yang seharusnya dibuat seperti miniatur menara masjid Banten lama yang terlihat megah.

Namun, kini yang terlihat sungguh jauh dari penampakan aslinya yang terlihat dalam foto. Tugu Pamulang itu hanya berupa tiang-tiang yang disusun melingkar dengan bagian atasnya dipasang kubah masjid berukuran sedang.

"Saya sudah perintahkan bongkar daripada jadi istilahnya permasalahan di masyarakat," ujar Wakil Gubernur Banten, Andika Azrumi, di Cilenggang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Kamis, 15 April 2021.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim bahkan berencana membuka sayembara terkait desain Tugu Pamulang yang baru.

Berikut sejumlah hal terkait Tugu Pamulang yang kini tuai cibiran hingga rencana Pemprov setempat untuk membongkarnya: 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Heboh di Dunia Maya

Warganet menyebut tugu di Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sebagai bangunan asal-asalan. Seharusnya Tugu Pamulang itu berbentuk miniatur menara Masjid Banten Lama.

Namun, yang terlihat kini jauh di luat ekspektasi. Kondisi terkini, tugu berwarna putih pudar yang ada di simpang jalan persis depan Kampus Universitas Pamulang (Unpam) itu sudah ditutup sementara dengan seng.

Alasannya, agar masyarakat tak lagi salah kaprah. Pasalnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Banten berkilah bahwa pembangunan tugu tersebut belum rampung.

 

3 dari 4 halaman

2. Wagub Banten Perintahkan Bongkar

Usai menuai cibiran, Wakil Gubernur Banten, Andika Azrumi memerintahkan untuk dibongkar agar tidak menjadi olok-olokwarga. 

Sedangkan pembangunan ulang, bisa membutuhkan anggaran kembali. Karena tugu yang seharusnya sudah selesai dikerjakan beberapa tahun lalu.

"Sudah selesai, kemarin kan dari 2018 sudah saya suruh segera dibenahi, karena 2019 dianggarkan ternyata kena refocusing. Bongkar dulu nanti kalau anggaran sudah siap, baru kita bangun," tuturnya.

 

 

4 dari 4 halaman

3. Gubernur Banten Akan Buka Sayembara

Setelah kemarin Wakil Gubernur Banten Andhika Azrumi meminta agar Tugu Pamulang dibongkar, kini giliran Gubernur Banten Wahidin Halim yang bakal membuka sayembara desain tugu tersebut.

Wahidin Halim pun menegaskan, sebenarnya Tugu Pamulang tersebut sudah rampung dibangun oleh Pemerintah Provinsi Banten pada Tahun Anggaran 2018 yang lalu.

Kendati demikian, untuk memenuhi keinginan publik, perubahan pada bentuk tugu tersebut, gambar dan desainnya akan disayembarakan secara terbuka sesuai ketentuan yang berlaku.

"Setelah saya menggali persoalan, mempelajari tentang latar belakang dan lain sebagainya, perlu saya tegaskan bahwa pembangunan tugu atau menara itu dibangun tahun 2018 dan sudah dinyatakan selesai final. Tugu itu dibangun dengan latar belakang dan pertimbangan, karena sebelumnya lokasi itu kumuh. Ada baliho yang rusak, miring, dan di bawahnya juga banyak sampah-sampah," ungkap Wahidin Halim, Jumat (16/4/2021).

Kalaupun mau dibangun lagi, lanjutnya, konsepnya bukan berdasarkan dari Pemerintah Kota Tangsel atau siapapun, melainkan dari publik.

“Ya sudah sayembarakan sekalian, kita undang publik. Menurut publik mana yang bagus silakan desain. Kita sayembarakan nanti melalui proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkap Gubernur.

 

Daffa Haiqal (Magang)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.