Ragam Wisata di Sulawesi Selatan, dari Alam hingga Tempat Bersejarah

Oleh Liputan6.com pada 16 Apr 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 05:41 WIB
Tana Toraja
Perbesar
Deretan boneka kayu yang dikenal sebagai Tau Tau didandani dengan pakaian adat Toraja dan dipajang untuk mewakili bangsawan yang telah meninggal di Londa, Kabupaten Tana Toraja (11/09/2018) (AFP/Goh Chai Hin)

Liputan6.com, Jakarta - Sulawesi Selatan dikenal memiliki banyak tempat wisata yang indah. Pilihannya pun beragam, mulai alam, sejarah, kuliner, dan budaya.

Pesonanya pun sudah tak diragunkan lagi. Sebut saja pesisir pantainya yang eksotis, sejarah dan budayanya yang kaya, dan kulinernya yang memanjakan lidah. Semua ini membuat Anda tak akan menyesal mengunjungi tempat wisata di Sulawesi Selatan.

Tempat wisata di Sulawesi Selatan memang memiliki kekayaan alam dan budaya yang patut dikagumi. Sejumlah tempat wisata di Sulawesi Selatan bahkan terkenal hingga mancanegara. Tempat wisata di Sulawesi Selatan tak akan cukup jika hanya dieksplor dalam sehari.

Berikut 14 tempat wisata di Sulawesi Selatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/3/2020).

Pantai

Pantai Losari

Pantai Losari
Perbesar
Pantai Losari (sumber: iStock)

Pantai Losari merupakan pantai favorit di Sulawesi Selatan. Berada di sebelah barat Kota Makassar, pantai ini sangat mudah diakses. Tak diragukan lagi pantai ini menjadi tempat berkumpul masyarakat untuk menghabiskan waktu.

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira berada di Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, tepat di ujung selatan pulau Sulawesi. Pantai Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih lembut yang terkenal akan keindahannya

 

Pulau

Pulau Samalona

Pulau Samalona
Perbesar
air laut yang jernih menyambut wisatawan yang menyeberang dari Pantai Losari

Terletak di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Pulau ini terkenal dengan eksotisme khususnya keindahan bawah lautnya. Pamandangan bawah laut Pulau Samalona terkenal hingga penjuru dunia.

Pulau Bulupole

Pulau Bulupole terletak di Teluk Bone, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pulau Bulupole memiliki keunikan tersendiri, yaiut adanya alam pegunungan yag menyatu dengan keindahan pesisir pantai. Pulau Bulupole memiliki bentangan pasir putih halus yang mengitari pulau. Tak ketinggalan cantiknya keindahan bawah laut yang memanjakan mata.

Taman Nasional

Taman Laut Taka Bonerate

 

Taka Bonerate, Bukti Kalau Sulawesi Tak Hanya Punya Wakatobi
Perbesar
Taka Bonerate jadi bukti kalau taman laut cantik di Sulawesi tak hanya Wakatobi.

Taman laut ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Atol adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya.

Luas total area dari Atol di Takabonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau. Taman Nasiona Taka Bonerate terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

Taman Nasional Bantimurung

Di Taman Nasional Bantimurung, terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik seperti karst, pemandian alam, pengawasan satwa, serta gua. Kawasan ini memiliki luas kurang lebih mencapai 43 ribu hektare dengan ekosistem dan kekayaan alam yang luar biasa.

Taman Nasional Bantimurung dikenal sebagai surganya kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly. Total terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu yang terdapat di kawasan Bantimurung. Taman nasional ini terletak di Kabupaten Maros dan Pangkep.

 

Pegunungan

Pegunungan Latimojong

Pegunungan Latimojong merupakan titik tertinggi di Sulawesi Selatan. Pegunungan Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang merupakan bagian dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Titik tertinggi dari pegunungan ini dinamai Puncak Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl.

Rammang-Rammang

Rammang-Rammang merupakan kawasan pegunungan kapur di gugusan pegunungan karst Maros-Pangkep. Rammang-Rammang adalah gunung karst terbesar ke tiga di dunia setelah gunung karst di China Selatan dan Vietnam. Rammang-Rammang berlokasi di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Pegunungan kapur ini terbentuk secara alami jutaan tahun yang lalu.

Tempat Bersejarah

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa. Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dulunya Benteng Somba Opu berfungsi sebagai pusat perdagangan. Kini Benteng Somba Opu menjadi objek wisata bersejarah dengan beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan.

Benteng Rotterdam

Ini Benteng Tempat Pangeran Diponegoro Diasingkan
Perbesar
Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Foto diambil pada Jumat (9/5/2014) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Benteng Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' Kallonna. Benteng ini awalnya berfungsi sebagai markas pasukan katak Kerajaan Gowa-Tallo. Kini benteng ini telah menjadi destinasi wisata sejarah Makassar dengan museum sejarah di dalamnya.

Tempat Budaya

Gua Tampang Allo

Gua Tampang Allo adalah pemakaman para raja pada abad ke-16. Gua Tampang Allo terletak di Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kuburan ini berada pada ketinggian 807 meter di atas permukaan laut.

Tempat pemakaman ini berupa gua yang berisikan puluhan erong atau peti mayat berbentuk kerbau, babi dan perahu. Selain itu ada juga tau tau (patung), tengkorak, dan tulang belulang orang Toraja zaman dahulu yang disemayamkan di gua ini.

Kete Kesu

Kete Kesu merupakan desa wisata yang terkenal di Tana Toraja. Desa Kete Kesu berada di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Di sini Anda dapat menemukan barisan rumah adat Tongkonan yang berusia lebih dari 300 tahun. Tak hanya itu, desa wisata Kete Kesu juga terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu berusia ratusan tahun. 8 dari 8 halaman

20151109-kuburan batu
Perbesar
Kuburan Batu di Kete Kesu Toraja Utara,Sulawesi Selatan. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Danau

Danau Towuti

Danau Towuti merupakan danau purba berulut jutaan tahun. Danau ini terletak di terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau ini memiliki memiliki lima pulau di tengahnya.

Danau Tempe

Danau Tempe berlokasi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Danau ini memiliki luas sekitar 13.000 hektare. Danau ini merupakan danau terbesar ke dua di Sulawesi setelah Danau Towuti.

ritual danau tempe
Perbesar
(Eka Hakim/Liputan6.com)
ritual danau tempe
Perbesar
(Eka Hakim/Liputan6.com)