BPBD DKI Imbau Warga Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 15-16 April 2021

Oleh Ika Defianti pada 14 Apr 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 10:47 WIB
Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan
Perbesar
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah Ibu Kota. Hal tersebut berdasarkan unggahan dari akun instagram BPBD @bpbddkijakarta.

"Berdasarkan peringatan dari BNPB dan BMKG pada 15-16 April 2021 akan terjadi hujan disertai kilat atau petir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," bunyi unggahan tersebut.

BPBD menjelaskan, BMKG sebagai Tropycal Cyclone Warning Center mendeteksi adanya potensi bibit Siklon Tropis 94W di Samudera Pasifik dari Timur Laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis dalam seminggu ke depan.

Lalu, bibit siklon tersebut akan memengaruhi cuaca di bagian utara wilayah Indonesia, khususnya di daerah timur.

Namun potensi cuaca ekstrem juga akan dirasakan di DKI Jakarta. Karena hal itu, BPBD mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Angin Kencang dan Hujan

Potensi tersebut seperti halnya angin kencang, hujan lebat dan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi call center 112, laporkan bila ditemukan genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓