Sukses

Top 3 News: Gempa Malang Tidak Termasuk Megathrus, Melainkan Zona Beniof

Ada 24 wilayah yang merasakan guncangan gempa dengan skala I hingga IV MMI saat Malang digoyang lindu magnitudo 6,1, Sabtu 10 April 2021.

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 6,1 yang menggucang Malang, Jawa Timur menyebabkan tiga ribu lebih rumah warga ikut terdampak. Warga kini menempati sejumlah lokasi pengungsian. 

Meski kerusakan yang ditimbulkan cukup parah, bahkan getarannya terasa hingga Bali, gempa Malang bukan masuk kategori megathrust, tapi masuk dalam gempa menengah di Zona Beniof. Karenanya gempa tak berpotensi tsunami. 

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menambahkan, gempa Malang berpusat di dalam lempeng Indo-Australia yang menunjam. Ini disebut gempa Intraslab, yang getarannya terasa lebih kuat dari gempa sekelasnya, seperti di sumber sesar.

Kasus penucurian onderdil di Ibu Kota juga tak kalah tuai sorotan. Bukan onderdil mobil yang digasak, melainkan mobil hasil derekan Dinas Perhubungan (Dishub).

Aksi pria ini bahkan sempat terekam dalam CCTV, saat mencoba mencopot onderdil mobil sedan yang terpakir di IRTI Monas.

Lantas, seperti apa perkembangan terkini dari sidang lanjutan mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab? Sederet fakta baru terungkap.

Pihak Bandara Soekarno Hatta mengaku, saat kedatangan Rizieq Shihab di Tanah Air yang disambut oleh ratusan massa pendukung, telah mengalami kerugian sekitar Rp 16 juta atas sejumlah fasilitas yang dirusak.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 13 April 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. HEADLINE: Gempa Malang di Zona Benioff, Alarm Bencana Besar Berikutnya?

Rodai terlihat pasrah. Begitu pun dengan sang ibu, Suyati (70). Mereka tetap biarkan barang-barangnya berserakan tertimbun material reruntuhan bangunan rumah.

Tempat tinggal Rodai yang terletak di Kabupaten Tulungagung rusak parah imbas dari guncangan gempa magnitudo 6,1 di Malang, Sabtu 10 April 2021. Ia kini bingung harus kemana lagi mencari dana untuk kembali membangun rumahnya yang hancur.

"Semoga dapat (bantuan). Kalau tidak, ini berat buat kami (untuk membangun kembali)," kata pria berusia 35 tahun tersebut.

Gempa berkedalaman 80 km di Malang, telah menyebar getarannya ke sejumlah daerah. BMKG mencatat ada 24 wilayah yang merasakan guncangan gempa dengan skala I hingga IV MMI.

Menurut peneliti gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Endra Gunawan, zona gempa sebenarnya sudah dapat terlihat, terlebih pada era digital saat ini.

Dia mengungkapkan, pada 2020 pernah mempublikasikan kajian terkait potensi gempa yang bisa saja terjadi pada waktu tertentu di masa depan. Kekuatan lindu itu dinilainya cukup besar.

"Potensi gempa itu ada di selatan Yogyakarta dan selatan Jawa Timur bahkan selatan Jawa bagian barat. Khusus selatan Jawa bagian tengah dan timur ini, potensinya 8,8 (magnitudo)," kata dia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Pencuri Onderdil Mobil Hasil Derekan Dishub Terpergok Petugas saat Beraksi di Parkiran IRTI

Sebuah rekaman video memperlihatkan seorang pria mencoba mencopot onderdil mobil sedan yang terpakir di IRTI Monas. Namun, aksinya itu terpergok petugas Dinas Perhubungan.

Dalam rekaman berdurasi 44 detik itu nampak pemuda berkaos dan celana pendek diminta keluar dari kolong mobil. Pemuda itu dicecar sejumlah pertanyaan.

"Ngapain kamu di situ," tanya petugas Dishub, Selasa (13/4/2021).

Pria itu pun nampak ketakutan dan terus berkilah tidak melakukan apa-apa. "Tidak pak, saya tidak ngapa-ngapain. Pemulung saya pak," ucap pria itu.

Pria itu pun terus mencari celah untuk melarikan diri. Selang berlama, pria itu pun kabur dengan melompat pagar. Aksi kejar-kejaran tak terhindarkan.

Dalam keterangan, pengunggah video menginformasikan video direkam di Parkiran IRTI Monas.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. 4 Fakta Baru yang Terungkap di Sidang Lanjutan Kerumunan Rizieq Shihab

Sidang lanjutan kasus kerumunan Rizieq Shihab berlangsung Senin kemarin, 12 April 2021 di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).

Sejumlah fakta baru terungkap dalam sidang. Salah satunya diungkapkan Senior Manager Of Aviation Security Bandara Soekarno Hatta Oka Setiawan.

Dalam kesaksiannya, Oka mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 16 juta akibat kedatangan Rizieq Shihab ke Indonesia pada Selasa, 10 April 2020 tahun lalu.

Menurut Oka, akibat keramaian pendukung Rizieq, terdapat sejumlah kursi maupun tanaman yang rusak dengan total kerugian mencapai Rp 16 juta.

Pengakuan ini bermula ketika jaksa menunjukan sejumlah foto kedatangan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta yang turut disambut ribuan masa pendukungnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Top 3 News

  • News Hari Ini