Hujan Deras di Depok Akibatkan Longsor, Genangan Air hingga Hujan Es

Oleh Dicky Agung Prihanto pada 13 Apr 2021, 23:40 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 00:50 WIB
Prediksi Cuaca: Hujan Guyur Jakarta Sepanjang Minggu Ini
Perbesar
Hujan es terjadi di kawasan pusat Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Hujan dengan intensitas tinggi di Kota Depok membuat sejumlah titik terendam banjir, pada Selasa (13/4/2021) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan yang turun bahkan diwarnai dengan fenomena hujan es. 

Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam dan Kebakaran Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, pihaknya menerima berbagai laporan masyarakat saat hujan deras terjadi hingga pukul 19.30 WIB.

Jalan Arif Rahman Hakim bahkan kembali tergenang air akibat saluran air yang tidak mampu menampung derasnya air hujan. 

"Jalan Arif Rahman Hakim ada genangan, bahkan sejumlah sepeda motor mengalami mati mesin," ujar Denny, Selasa (13/4/2021).

Dia menjelaskan, ketinggian air di Jalan Arif Rahman Hakim mencapai 50 sentimeter. Selain menyebabkan mati mesin, terjadi kemacetan arus lalu lintas dikarenakan jalan yang menghubungkan antara Jalan Raya Margonda dan Jalan Nusantara terjadi perlambatan kendaraan. 

"Selain motor mogok, terjadi kemacetan juga karena pengendara menghindari titik terdalam lokasi genangan,"  kata Denny menjelaskan. 

Genangan air terjadi juga di lingkungan RT 3 RW 3, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos. Ketinggian air di lokasi tersebut mencapai 50 sentimeter.

"Air genangan kita pompa untuk menurunkan ketinggian air di lingkungan tersebut,"ucap Denny.

Sementara itu, longsor juga kembali terjadi di Jalan Wadas RT 12/ rW 16, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas. Rumah milik Suryani mengalami longsor di bagian dapur karena lokasi tersebut berada di tebingan. Longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

 

2 dari 3 halaman

Bantuan Bagi Warga Terdampak

Denny juga menjelaskan, luas lokasi longsor di bagian dapur memiliki luas sekitar 38 meter persegi. Saat ini, pihaknya telah memberikan bantuan berupa terpal, alat kebersihan, mie instan, air mineral dan batuan lainnya kepada Suryani.

"Bantuan sementara untuk penanganan dan konsumsi Suryani sudah kami berikan langsung kepada korban," ujar Denny.

Selain genangan dan longsor, fenomena lainnya yakni hujan es. Berdasarkan laporan masyarakat hujan es terjadi di wilayah Kampung Serab, Kelurahan Tirtajaya, dan Kecamatan Sukmajaya. Fenomena hujan es terjadi sekitar pukul 16.30 WIB saat hujan deras di Kota Depok.

"Ada hujan es juga dari laporan masyarakat yang kami terima," pungkas Denny. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓