3 Pernyataan Jokowi Terkait Gempa Bumi di Jatim

Oleh Devira Prastiwi pada 12 Apr 2021, 07:07 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 07:07 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada umat Hindu yang beribadah tetap mematuhi protokol kesehatan saat sambutan Peringatan Dharma Santi Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943, Sabtu (27/3/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan belasungkawa terhadap korban bencana gempa bumi di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Menurut Jokowi, dirinya sudah mendapatkan laporan terkait kejadian gempa yang terjadi dari jajarannya.

"Saya pun telah memerintahkan kepala BNPB, kepala Basarnas, Mensos, Menteri PUPR, Panglima TNI dan Kapolri beserta jajaran lainnya, untuk melakukan langkah darurat," kata Jokowi dalam jumpa pers daringnya, Minggu, 12 April 2021.

Terhadap bencana tersebut, Jokowi mengingatkan, Indonesia berada di jalur cincin api atau ring of fire yang dapat sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

"Saya perlu mengingatkan kita ini berada di wilayah ring of fire, Oleh karena itu aktivitas alam dapat terjadi setiap saat kapan saja dan oleh sebab itu saya mengingatkan gubernur, bupati, wali kota, terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama," ucap Jokowi.

Berikut 3 pernyataan Jokowi terkait bencana gempa bumi yang terjadi di Provinsi Jawa Timur dihimpun Liputan6.com:

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sampaikan Duka Cita

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dakwah kepeloporan di sektor perekonomian yang dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah saat membuka secara virtual, Jumat (2/4/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan duka cita kepada korban meninggal akibat gempa Malang, Jawa Timur.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban (gempa) yang meninggal dunia," kata Jokowi dalam channel YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, 12 April 2021.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perintahkan Jajarannya Tangani Gempa Bumi

Presiden Jokowi Hadiri Konsolidasi Caleg PKB di Balai Sarbini
Perbesar
Presiden Joko Widodo memberikan paparan saat menghadiri konsolidasi calon legislatif Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pemilu 2019 sekaligus haul Abdurrahman Wahid, Gus Dur di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (17/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jokowi pun memerintahkan para jajarannya mulai dari Kepala BNPB hingga Pemerintah Kota/Kabupaten, untuk segera lakukan langkah tanggap darurat pascagempa.

Dia lantas meminta agar mencari korban hilang serta terluka.

"Pemerintah kota dan kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan melakukan segera, melakukan perawatan pada korban yang luka-luka dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut," beber Jokowi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ingatkan Indonesia Berada di Ring of Fire

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pernyataan tentang impor beras di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (26/3/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Terakhir, Jokowi meminta agar seluruh masyarakat tetap waspada dengan adanya bencana yang hadir di Indonesia. Sebab, Indonesia berada di wilayah cincin api atau ring of fire.

"Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api, oleh karena itu aktivitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan yang lain-lainnya kapan saja," kata Jokowi.

Dia mengingatkan kepada seluruh pemerintah daerah untuk terus mengingatkan kepada masyarakat agar saling bekerja sama. Sehingga jika terjadi bencana sudah ada kesiapsiagaan yang dimiliki oleh daerah.

"Saya mengingatkan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," jelas Jokowi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19

Infografis Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓