Sukses

BMKG Imbau Warga Pesisir Jawa Timur Jauhi Pantai Jika Ada Gempa Susulan yang Kuat

Daryono mengimbau agar warga yang berada di wilayah pesisir Jawa Timur untuk melakukan evakuasi mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengimbau agar warga yang berada di wilayah pesisir Jawa Timur untuk melakukan evakuasi mandiri apabila terjadi gempa susulan yang berkekuatan kuat.

"Masyarakat Jawa Timur, masyarakat pesisir diimbau untuk waspada. Karena jika terjadi guncangan yang signifikan lebih baik melakukan evakuasi mandiri. Ini sebuah kesiapsiagaan," kata Daryono dalam konferensi pers, Sabtu (10/4/2021).

Salah satunya, menurut dia, warga diminta segera meninggalkan pantai apabila terjadi gempa susulan yang berkekuatan kuat.

"Masyarakat harus memahami evakuasi mandiri, jika terjadi guncangan kuat dan kita berada di pesisir pantai lebih baik segera meninggalkan pantai," jelas Daryono.

BMKG saat ini memantau kemungkinan kembali terjadinya gempa susulan, usai gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang Jawa Timur, Sabtu pukul 14.00 WIB. Sejauh ini, sudah terjadi tiga kali gempa susulan yang masing-masing bermagnitudo 3,1, 3,8, dan 3,6.

"Kita masih memantau gempa susulan karena kita tidak tahu setelah ini memang meluruh dan habis karena kita mencatat Baru 3 gempa susulan yang berkekuatan lebih kecil. Tetapi kita juga tidak boleh mengabaikan jika itu kemungkinan gempa yang lebih besar," kata Daryono.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Waspada

Untuk itu, BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tenang terhadap potensi gempa susulan.

Menurut Daryono, masyarakat harus memahami langkah-langkah melakukan evakuasi mandiri apabila terjadi bencana.

"Itu sebuah langkah yang lebih tepat dalam mitigasi karena kita memiliki golden time atau waktu penyelamatan yang cukup, yang efektif untuk keselamatan masyarakat pesisir," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Malang adalah sebuah kota di Indonesia.
    Malang adalah sebuah kota di Indonesia.

    malang

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini