Sukses

Diguncang Gempa Magnitudo 6,7, Warga Malang Berhamburan ke Luar Rumah

Gempa magnitudo 6,7 di Kota Malang dilaporkan BMKG tak berpotensi tsunami. Namun, masyarakat tetap diimbau tetap waspada.

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Kota Malang, getarannya terasa hingga ke sejumlah wilayah di Jawa Timur. 

Saat gempa terjadi pada pukul 14:00:15 WIB, tak sedikit membuat warga terkejut dan langsung lari berhamburan keluar rumah. Salah satunya seperti yang dirasakan Indyah, warga Malang. 

"Sempat dikira biasa, akhirnya semburat keluar rumah," katanya saat dikonfirmasi via WhatsApp dilansir Antara, Sabtu (10/4/2021). 

Hal yang sama ikut dirasakan seorang warga Surabaya, bernama Yani. Dia mengaku saat itu dirinya sedang bekerja di daerah Mulyosari. Saat getaran gempa terasa Yani pun bergegas keluar dari lokasi kantor.

"Kebetulan kantor sedang renovasi, tadi terasa dan keluar," ucapnya. 

Hal yang sama juga dikatakan Rina Susanti dan Dea Sari. Kedua warga Sidoarjo ini mengaku kalau sempat merasakan goyang di tempat tinggal mereka. 

"Sidoarjo bergoyang," katanya. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Tak Berpotensi Tsunami

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto membenarkan adanya gempa tersebut. 

"Info Gempa Magnitudo 6,7 pada 10 April 2021 pukul 14.00 yang berlokasi di 8,95 LS,112,48 BT (90 kilometer Barat Daya KAB-MALANG-JATIM), Kedalaman 25 Kilometer," katanya. 

Dari keterangan yang berhasil dihimpun, gempa ini tidak menimbulkan bencana Tsunami, namun masyarakat tetap diimbau tetap waspada. 

Selain itu, dari grup WhatsApp BMKG Juanda dilaporkan ada kerusakan rumah di wilayah Lumajang dan juga Blitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • BMKG Hari Ini