Prabowo Bentuk Detasemen Khusus untuk Kawal Menhan hingga Tamu VVIP

Oleh Yopi Makdori pada 09 Apr 2021, 21:56 WIB
Diperbarui 09 Apr 2021, 22:10 WIB
Prabowo Subianto
Perbesar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memeriksa barisan pasukan kehormatan saat upacara penyambutan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Prabowo disambut upacara militer sebelum serah-terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan dari Ryamizard Ryacudu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). Pasukan khusus itu dibentuk untuk mengawal Menhan hingga tamu VVIP di lingkungan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Hal itu seperti dungkapkan ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah dalam akun Instagram pribadinya, @rizky_irmansyah yang dikutip Liputan6.com pada Jumat (9/4/2021).

"Denwalsus ini bertugas untuk mengawal serta menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu2 khusus Kementerian Pertahanan dan juga upacara penyambutan jajar kehormaran tamu tamu negara," tulis Rizky dalam postingannya. 

Rizky menjelaskan, mereka dilatih secara khusus di Pusat Pendidikan dan Latihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Jawa Barat.

2 dari 3 halaman

Personel Dipilih Prabowo

Menhan Prabowo Subianto bentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus)
Perbesar
Menhan Prabowo Subianto bentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). Sumber: Instagram @rizky_irmansyah

Personel Denwalsus, kata Rizky, dipilih langsung oleh Prabowo Subianto.

"Pasukan ini diseleksi dan dipilih langsung oleh Menteri Pertahanan, tiap tiap personil dibekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP, pola penyambutan tamu Dalam serta Luar Negeri dan tentunya kemampuan lain yang tak bisa saya jabarkan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓