Sukses

Ramai Pejabat hingga Politikus Sowan ke Gibran, PKB Anggap Wajar

Kepemimpinan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Solo seolah menjadi magnet bagi sejumlah petinggi negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKB, Daniel Johan merespons terkait banyaknya pejabat hingga politikus yang "sowan" ke putra sulung Presiden Jokowi sekaligus Walo Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, kepemimpinan Gibran di Solo tidak lepas dari sentrum kekuasaan. Sehingga, silaturahmi dengan petinggi negara adalah hal wajar.

"Saya rasa itu hal yang etis dan normal, bagaimanapun Mas Gibran dianggap bagian dari sentrum kekuasaan, para menteri dan tokoh bertemu dengan sesama pejabat daerah sebenarnya hal yang biasa," kata Daniel lewat pesan singkat, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, koordinasi Gibran sebagai Wali Kota Solo dengan pejabat atau politikus adalah hal biasa layaknya seorang kepala daerah. Sehingga, pertemuan Gibran dengan petinggi negara dan politikus jangan dianggap sebagai agenda politik tertentu.

"Tapi mungkin perhatian dan pemberitaannya tidak sebesar kalau bertemu dengan Mas Gibran, jadi jangan terlalu jauh berpikirnya, tapi itu bagian dari koordinasi program pusat daerah yang sangat baik untuk dilakukan," ucapnya.

Daniel juga minta publik tidak berprasangka buruk terkait datangnya para pejabat dan politikus ke Gibran dianggap sebagai cari muka ke Presiden Jokowi. Menurutnya, pertemuan itu untuk memperlancar program pembangunan Gibran di Solo.

"Jangan suudzon, saling bertemu dan silaturahmi antarpusat daerah akan memperkuat koordinasi dan memperlancar program-program pembangunan," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sederet Pejabat dan Tokoh yang Sowan ke Gibran

Diberitakan sebelumnya, kepemimpinan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka seolah menjadi magnet bagi sejumlah petinggi negeri. Sejak Gibran dilantik pimpin Solo, tercatat sudah banyak para pejabat dan politikus yang sowan ke rumah dinasnya.

Bukan cuma para menteri, kepemimpinan Gibran menjadi seperti magnet politik. Belum 30 hari menjabat, petinggi parpol bertamu ke rumah dinas Loji Gandrung dan mendukung penuh kepemimpinan Gibran di Solo.

Sejumlah menteri tercatat bertemu putra sulung Presiden Jokowi itu, yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama Kusubandrio.

Selain itu, petinggi partai politik yang menemui Gibran adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah.

Terbaru, Gibran disambangi Komisaris Utama PT Pertamina atau eks Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.    

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.