Top 3 News: KPK Ungkap Korupsi Pengadaan Barang Darurat Covid-19 Bandung Barat

Oleh Yopi MakdoriFachrur RozieNafiysul QodarMaria Flora pada 08 Apr 2021, 08:33 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 10:43 WIB
Ilustrasi KPK
Perbesar
Ilustrasi KPK

Liputan6.com, Jakarta Usai kasus korupsi pengadaan bantuan sosial Covid-19, kini Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) kembali mengungkap dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat Covid-19 di Bandung Barat tahun 2020. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Rabu, 7 April 2021. 

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna (AUS) dan anaknya, Andri Wibawa (AW) sebagai tersangka. 

Aa Umbara diduga tela menerima sekitar Rp 1 miliar terkait pengadaan barang tanggap darurat Covid-19 dari pemilik PT Jagat Dir Gantara (JGD), M. Totoh Gunawan (MTG).

Pada Selasa, 6 April kemarin, penyidik KPK berhasil mengamankan barang bukti berupa dokumen dan barang elektronik dari dua lokasi sekaligus. Yakni di Kantor Dinas Bapelitbang dan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bandung Barat.

Berita terpopuler lainnya terkait uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) yang rencananya akan dimulai pada 7-19 April mendatang.

Pemprov DKI menyebut PTM akan dimulai pada 85 sekolah di Ibu Kota dengan sistem pembelajaran campuran (blended learning).

Kedatangan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga tak kalah menuai sorotan pembaca Liputan6.com.

Ahok mengaku saat bertemu Gibran, dia memberikan masukan terkait dengan penghijauan di Kota Solo.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 7 April 2021:

2 dari 5 halaman

1. Geledah 2 Lokasi , KPK Temukan Bukti Korupsi Pengadaan Barang Darurat Covid-19 Bandung Barat

Ilustrasi KPK
Perbesar
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah dua lokasi berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020.

Penggeledahan dilakukan pada, Selasa 6 April 2021. Penggeledan di Kantor Dinas Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan (Bapelitbang) Kabupaten Bandung Barat dan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung Barat.

"Di dua lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan berbagai bukti di antaranya dokumen dan barang elektronik yang diduga terkait dengan perkara," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021).

Ali mengatakan, barang bukti tersebut sudah diamankan tim penyidik KPK. Bukti baru itu tengah dianalisis untuk kemudian dijadikan alat pembuktian di persidangan kasus ini.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. HEADLINE: Uji Coba Belajar Tatap Muka di Jakarta Mulai 7 April 2021, Amankah?

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di 85 sekolah yang ada di ibu kota. Uji coba PTM di tengah situasi pandemi Covid-19 ini dilakukan mulai 7 hingga 29 April 2021.

Uji coba ini dilakukan untuk memastikan bahwa kesehatan dan keamanan peserta didik adalah prioritas utama dalam perancangan kebijakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan sistem pembelajaran campuran (blended learning).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Nahdiana, menyatakan pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menyiapkan rencana pembelajaran tersebut. Berbagai rekomendasi pun telah diterima demi menjamin kesehatan dan keselamatan peserta didik.

Disdik DKI telah mempersiapkan kanal Siap Belajar untuk asesmen mandiri seluruh satuan pendidikan di ibu kota.

Siap Belajar merupakan asesmen yang mengukur dua aspek penting dalam PTM, yaitu kesiapan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan dan kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran campuran, baik di rumah maupun tatap muka terbatas.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Ahok Malam-Malam Sambangi Gibran di Solo, Bahas Apa?

Senyum Ahok Usai Temui Jokowi di Istana
Perbesar
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama memberikan keterangan usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyambangi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu datang ke rumah dinas Loji Gandrung pada Rabu malam (7/4/2021).

Lalu apa yang dibahas Ahok malam-malam di rumah dinas Gibran? 

"Sebetulnya saya lagi mau kunjungan kerja ke Cepu, karena masih pagi jalan saya nginep di Solo. Kontak Pak Wali Kota, ada waktu enggak, saya mau mampir," kata Ahok di sela kunjungan ke Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung Solo.

Mantan wakil Jokowi di Pemprov DKI ini mengaku tidak banyak pembahasan penting yang dibicarakan dalam pertemuan dengan Gibran. Meski demikian, ia sempat memberikan masukan terkait dengan penghijauan di Kota Solo.

Ia mengatakan, salah satu program pertanggungjawaban sosial perusahaan yang dilakukan PT Pertamina (Persero) adalah Pertamina Hijau.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓