Sukses

Orangtua Diminta Bawakan Bekal untuk Siswa Selama Uji Coba Belajar Tatap Muka

Dalam belajar tatap muka ini, pihak sekolah harus mendapatkan izin dari orangtua murid agar anaknya diperkenankan pergi ke sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Sekolah di Jakarta mulai melakukan uji coba belajar tatap muka pada 7 hingga 29 April 2021. Ada 85 sekolah yang melakukan uji coba tersebut, yang salah satunya, SMKN 28 Jakarta Selatan.

Wakil Kurikulum SMKN 28 Tri Retnowati mengungkapkan, pihaknya menerapkan jumlah murid yang diizinkan mengikuti pembelajaran tatap muka hanya 25 persen.

"Sebelum pandemi dalam satu kelas 36 orang, tapi sekarang hanya 8 orang saja," kata Wakil Kurikulum SMKN 28 Tri Retnowati saat ditemui di SMKN 28, Jakarta Selatan, Rabu (7/4/2021).

Dalam belajar tatap muka ini, pihak sekolah harus mendapatkan izin dari orangtua murid agar anaknya diperkenankan pergi ke sekolah. Tri mengatakan, sekolah bersikap terbuka dengan pilihan orangtua murid. Karena orangtua yang sangat memahami kondisi kesehatan anaknya.

"Siswa yang hadir yang sehat saja, kita cek suhu tubuh juga di pintu gerbang. Kesehatan yang utama, apalagi musim hujan. Tadi ada beberapa yang kehujanan, mereka boleh ganti baju, tidak pakai baju praktik. Boleh pulang juga kalau mau pulang," ujarnya.

Selain itu, sekolah juga tidak membuka kantin. Peserta didik juga diimbau untuk membawa makanan dari rumah. Imbauan ini bertujuan agar anak-anak mengonsumi makanan sehat dan bergizi.

"Kantin belum dibuka, mereka harus bawa bekal (makanan) dari rumah masing-masing. Harus pakai masker dari rumah, tapi kita sediakan juga," ujarnya.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, masker yang disiapkan di SMKN 28 adalah masker KN95, selain itu terdapat sarana mencuci tangan mulai dari gerbang utama hingga di setiap lorong/ koridor sekolah. Hand sanitizer juga disiapkan di setiap kelas. Para guru dan tenaga pendidik lainnya juga menggunakan face shield.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Durasi Belajar

Durasi kegiatan belajar mengajar juga dibatasi hanya 4 jam. Seperti yang diketahui, sebelum pandemi Covid-19, sebagian besar sekolah menengah atas di Jakarta melaksanakan pembelajaran hingga 8 jam. Sebelum pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar SMKN 28 dimulai pukul 06.30 hingga 15.00 WIB, namun saat ini pembelajaran dimulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB.

Persiapan sarana dan prasarana pembelajaran tatap muka ini, kata Tri, sudah disiapkan sejak November 2020. Sekolah harus melewati dua tahap test untuk bisa membuka proses belajar mengajar. Selain itu, bukan hanya guru, orangtua dan peserta didik juga harus mengikuti pelatihan blended learning, yakni pembelajaran secara online dan offline.

"Sejak bulan November sudah dipersiapkan. Soalnya kan harus lolos assessment test 1 dulu, kalau sudah, ada lagi assessment test 2. Siswa, orangtua, dan kami para guru harus mengikuti pelatihan blended learning," ujarnya.

Sebagai informasi, tidak semua sekolah lolos penilaian pembelajaran tatap muka ini. Hanya ada 85 sekolah di Jakarta yang lolos. Kriteria penilaian mencakup sarana dan prasarana protokol kesehatan di sekolah, hingga kondisi kesehatan guru dan tenaga pendidik lainnya.

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.